Pengaduan On-Line

PERINGATAN BUAT TIM PPM

agoez Mar 11,2010
Kepada Yth: Pimpinan Tim PPM Di - Jakarta Dengan hormat, Terus terang, kami sangat kecewa melihat sikap Tim PPM dalam menjawab setiap pengaduan yang datang dari masyarakat dengan selalu menyerahkan masalahnya ke manajemen wilayah terkait. Kalaulah hanya sedemikian saja tindakan yang bisa dilakukan Tim PPM, mohon maaf, saya menyarankan Tim PPM dibubarkan saja. Sebab jawaban yang disampaikan itu sangat menyakitkan rakyat. Di tingikatan BKM saja, jika ada keluhan masyarakat yang masuk -- apakah itu disampaikan langsung secara lisan ataupun melalui kotak pengaduan -- selalu ditindaklanjuti dengan turun ke lapangan. Dengan turun ke lapangan, fakta atas hal-hal yang dipersoalkan bisa ditemukan dan dicari solusinya. Dari situ pula, ke depan, bisa dibuat suatu formulasi atau rumusan dalam merencanakan maupun melaksanaan sesuatu. Akan halnya sikap Tim PPM menjawab aspirasi yang disampaikan melalui web ini, kami melihat paradigma BKM jauh lebih baik dari Tim PPM. Ini juga menunjukkan bahwa Tim PPM secara terang-terangan ingin menjelaskan kepada khalayak bahwa pengelolanya hanya mencari makan di PNPM. Sungguh, dunia ini akan mengutuk jika hal itu sampai terjadi. Namun, sebelum dunia mengutuk Tim PPM, kami akan melakukan upaya hukum terhadap lembaga yang masuk kategori pengawasan ini. Untuk diketahui, pelaksanaan PNPM di Kota Medan sejak 2006 hingga sekarang sangat memprihatinkan. Indikator tingkat pencapaian pelaksanaan kegiatan di tiap kelurahan sangat rendah akibat masyarakat belum memahami program ini sepenuhnya -- selain rendahnya komitmen seluruh pelaku mulai dari faskel hingga tingkat satker kota dan provinsi. Itu sebabnya, jika Tim PPM benar-benar bekerja secara profesional dan proporsional, harusnya bisa memberi solusi terhadap berbagai aspirasi maupun informasi yang dikelola. Paling tidak, koordinasi lintas bidang termasuk antarinstansi harus dilakukan guna menyampaikan seluruh hal yang dipermasalahkan oleh masyarakat pengadu. Di akhir tulisan ini, kami meminta Tim PPM membaca kembali isi jawaban yang selalu disajikan kepada masyarakat, seperti tersaji di bawah ini. "Terima kasih telah menggunakan pengaduan online. PPM Pusat telah menyampaikan permasalahn ini kepada TL KMW 4 ( Prov. Sumatera Utara ), untuk meminta klarifikasi terkait dengan pengaduan yang anda sampaikan. PPM Pusat akan menayangkan tanggapan dari TL KMW 4, bila sudah ada klarifikasinya. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan." Catatan: Kalau jawaban seperti ini terus berlanjut, maka jangan heran pula jika semua orang akan meminjam kata-kata Anggota Pansus Century Ruhut Sitompul yang diucapkan kepada Wakil Pimpinan Pansus Gayus Lumbuun, sebagai umpatan kepada Tim PPM. Terima kasih, semoga menjadi perhatian. Jonathan Jalan Kesatria Barat No.52/40 Medan-20233 Provinsi Sumatera Utara

Tanggapan 1

Posted by |Mar 15, 2010|
  1. Kepada Yth, Rekan Jonathan Di Jalan Kesatria Barat No. 52/40 Medan-20233 Sumatera Utara 08137043xxxx Terima kasih atas peringatan yang anda sampaikan kepada Tim PPM Pusat. Dan kami mohon maaf bila anda kecewa terhadap fasilitasi Tim PPM Pusat menyikapi pengaduan anda. Tim PPM Pusat sangat senang telah dapat berkomunikasi dengan rekan Jonathan. Memang kami mengakui ada beberapa kelemahan dalam memfasilitasi pengaduan anda. Rekan Jonathan, sebagai seorang jurnalis yang sangat peka terhadap segala penyimpangan khususnya diprogram pemberdayaan. Kami sangat gembira atas segala masukan pemikiran kritis anda menyikapi perkembangan PNPM Mandiri Perkotaaan di Sumatara Utara khususnya kota Medan. (Pembicaraan terputus karena low battery) PPM Pusat dalam menerima pengaduan (on-line, SMS atau E-mail) akan melihat lokasi pengaduan dan meminta kepada OC/KMW Provinsi (lokasi pengadu) untuk meminta fasilitasi penanganan pengaduan (pendelegasian penanganan). Dan hasil dari fasilitasi dari OC/KMW Provinsi ditayangkan kembali ke media yang bersangkutan. Kami sampaikan permohonan maaf bila rekan Jonathan dan pengguna pengaduan on-line memiliki harapan yang besar bahwa PPM Pusat mampu dan dapat menyelesaikan setiap permasalahan yang disampaikan oleh pengadu. Kami memiliki otoritas yang terbatas (berupa dana dan kewenangan) untuk dapat menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi di daerah. Peran serta rekan Jonathan dan ‘Jonathan-Jonathan-lainnya’ sangat diharapkan agar PNPM Mandiri Perkotaan dapat berjalan dengan lancar. Memang seharusnya pengaduan disikapi dengan benar sebagai bahan instropeksi diri untuk dapat diperbaiki menjadi baik. Demikian yang dapat disampaikan. Wassalam PPM PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.