Forum

Beranda Forum Kirim Tanggapan

Warga Kampung Kumuh Bisa Dapat Legalitas Lahan

kirana May 29,2018

Pemprov DKI Jakarta bakal menata 21 kampung kumuh di Ibu Kota. Penataan ini termasuk pemberian legalitas lahan kepada warga.

Namun, tidak seluruh warga bakal mendapatkan legalitas lahan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, keabsahan hanya diberikan warga yang masuk dalam kriteria. "Ya betul (legalitas). Jadi karena tiap kasus beda-beda diselesaikannya pun sendiri-sendiri," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat, 25 Mei 2018.

Mantan Menteri Pendidikan RI ini menyampaikan, penyelesaian masalah setiap warga akan berbeda. Warga yang sudah tinggal 20 tahun akan berbeda dengan warga yang sudah tinggal 50 tahun.

"Tergantung kasusnya dan tidak bisa disamakan, beda-beda. Jadi sekarang Itulah kenapa dalam urusan penataan Kampung ini tidak ada satu rumus untuk semua. Apalagi kalau menyangkut tanah beda-beda sekali latar belakang masalahnya," ungkapnya.

Dalam penataan kampung kamuh Pemprov akan melibatkan empat komponen. Yakni warga, pemerintah, fasilitator, dan pakar. Pelibatan warga dianggap penting agar hasil penataan sesuai keinginan mereka.

21 kampung kumuh yakni Kampung Lodan, Tongkol, Kerapu, Muka, Walang, Akuarium, Marlina, Elektro, Gedong Pompa, Blok Empang, Kerang Ijo, Tembok Bolong, Tanah Merah, Prumpung, Rawa Barat, Rawa Timur, Guji Baru, Kunir, Kali Apuran, Sekretaris, dan Kampung Baru.

Sementara di Pluit, ada Blok Empang, Kampung Kerang Ijo, dan Kampung Baru Tembok Bolong. Kemudian Kampung Tanah Merah di Kelapa Gading Barat. Di Tugu Selatan, Koja, ada RW 007, RW 008, RW 009, RW 010, dan RW 011 yang akan ditata.

Kemudian di Prumpung, Jatinegara, seluruh RW 002 akan ditata. Di Jakarta Barat, RT 014 dan RT 016 RW 004 Kebon Jeruk, serta RT01 RW 05 Rawa Timur termasuk dalam penataan. Ada pula Kampung Guji Baru tepatnya RT 004 sampai RT 007 RW 002 Duri Kepa, Kebon Jeruk yang akan ditata.

sumber : <a href="http://goo.gl/rPXp4E">tv online</a>

PERATURAN PENULISAN PESAN

    Forum ini dipergunakan untuk curah pendapat pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan berita atau pesan atau tulisan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah. Tim Website KOTAKU tidak bertanggungjawab atas isi atau kebenaran informasi di forum ini.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.