Forum

Beranda Forum Kirim Tanggapan

Dispar Bantul koordinasikan pengamanan kawasan wisata pantai

heryjojo10 Jun 17,2018

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah mengoordinasikan terkait pengamanan maupun keselamatan wisatawan di kawasan wisata pantai selatan selama libur Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Dari dinas dengan teman-teman pokdarwis juga tenaga harian kita termasuk para pelaku usaha pariwisata dan tim keamanan sudah koordinasi terkait dengan pengamanan dan keselamatan di objek wisata," kata pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru di Bantul, Minggu.

Menurut dia, dari hasil rapat koordinasi (rakor) bersama forum komunikasi dan pimpinan daerah (forkompinda) termasuk Dinas Kesehatan (Dinkes) sudah membuat posko kesehatan di kawasan wisata kerja sama dengan Polair.

"Dan posko di kawasan wisata dp selamat pagi di sana itu akan menjadi satu terpadu, sehingga nanti harapan saya sedikit banyak mengurangi risiko yang berkaitan dengan keamanan dan keselamatan wisatawan pantai," katanya.

Kwintarto mengatakan setidaknya ada dua hal yang perlu diantisipasi berkaitan dengan keamanan wisatawan pantai, yaitu adanya ubur-ubur yang pada musim ini muncul dan palung atau kawasan rawan bahaya untuk bermain air.

Ia mengatakan, terkait dengan ubur-ubur Dinkes sudah menyampaikan akan ada penanganan secara baik kalau ada wisatawan yang kena sengatan, kemudian juga disampaikan ke seluruh unsur terkait tentang bagaimana menangani sengatan ubur-ubur pertama kali.

"Jadi sudah ada arahan kalau terkena sengatan ubur-ubur dilarang digosok atau digaruk, karena itu bisa menyebar, tapi kalau sudah efek yang lebih dari itu disarankan langsung dibawa ke petugas kesehatan karena bisa terjadi indikasi yang lain," katanya.

Sedangkan antisipasi kecelakaan laut yang menimpa wisatawan, kata dia, yang dilakukan adalah dengan memasang rambu-rambu larangan mandi di laut di dekat palung agar tidak terseret ombak yang mengancam keselamatan jiwa.

"Harapannya dipatuhi karena pantai yang terkadang ada ombak besar itu bukan dijadikan tempat berenang. Tim SAR dan jajaran kami apresiasi, karena kejadian kecelakaan laut akhir-akhir ini tidak sampai mengakibatkan korban meninggal karena bisa diselamatkan," katanya.

Ia juga mengatakan, dalam rangka menciptakan keamanan dan keselamatan wisatawan pantai selatan, Bupati Bantul sudah memberikan bantuan sarana berupa dua jetski untuk mendukung kesigapan Tim SAR ketika terjadi kecelakaan laut.

"Dengan dua jetski untuk penanganan terjadi kecelakaan ini harapannya bisa lebih optimal, sehingga saat libur Lebaran tidak ada hal-hal yang tidak menyenangkan wisatawan sehingga diharapkan mereka akan kembali lagi ke Bantul," katanya.

PERATURAN PENULISAN PESAN

    Forum ini dipergunakan untuk curah pendapat pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan berita atau pesan atau tulisan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah. Tim Website KOTAKU tidak bertanggungjawab atas isi atau kebenaran informasi di forum ini.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.