Forum

Beranda Forum Kirim Tanggapan

DPKPCK Kawal Ketat Pengesahan RDTRK Empat Kawasan

selvi Jul 27,2018

Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang makin ketat mengawal proses pengesahan empat RDTRK (Rencana Detil Tata Ruang Kota). Yakni RDTRK Pakis, Pakisaji dan RDTRK strategis Kecamatan Singosari serta Lawang.

Tadi pagi (27/7) misalnya. Konsep RDTRK empat wilayah tersebut dibeberkan Kadis DPKPCK Dr Ir Wahyu Hidayat di hadapan Dirjen Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang di Hotel Harris, Malang.

“Paparannya lebih pada optimalisasi RDTR di Kabupaten Malang,” ujarnya usai menjadi narasumber dalam FGD (Forum Group Discussion) bertema Pengaruh RDTR terhadap Daya Saing Wilayah itu.

“Baik dari proses sampai dengan pemanfaatannya dalam perizinan,” sambung dia.
Pentingnya RDRTK sendiri, jelas Wahyu, yalla shoot tidak hanya sebagai rambu-rambu bagi investor atau pelaku usaha dalam memanfaatkan suatu wilayah. Tapi lebih tepatnya mengendalikan pembangunan daerah dengan tata ruang melalui perizinannya. “Itu penting sekali untuk disosialisasikan. Apalagi dalam forum tadi hadir para stake holder,” terangnya.

Seperti Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional), KemenPupera, Kemendagri, OPD (organisasi perangkat daerah) provinsi, kabupaten/kota, REI (Real Estate Indonesia), Apersi (Asosiasi pengembang perumahan dan pemukiman seluruh Indonesia), hingga perguruan tinggi.

Hal tersebut, masih kata Wahyu, sekaligus sebagai bahan masukan bagi pemerintah pusat. Terutama soal pesatnya perkembangan wilayah dan bisnis di Kabupaten Malang. “Harapannya, bisa membantu proses percepatan pengesahan RDTRK Pakis, Pakisaji, dan strategis Singosari-Lawang,” tandas dia.

PERATURAN PENULISAN PESAN

    Forum ini dipergunakan untuk curah pendapat pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan berita atau pesan atau tulisan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah. Tim Website KOTAKU tidak bertanggungjawab atas isi atau kebenaran informasi di forum ini.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.