Forum

Beranda Forum Kirim Tanggapan

Tangkal Banjir, Dinas PU Canangkan Program Ini

selvi Jul 29,2018

Budaya gotong royong dan kerja bakti bersih-bersih lingkungan yang sudah pudar di lingkungan masyarakat bakal dipupuk kembali. Dinas Pekerjaan Umum (PU) melalui Bidang Sumber Daya Air dan Drainase mencanangkan gerakan bersih saluran (Gaban) yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama membersihkan drainase lingkungan.

Kegiatan ini dimulai pada Minggu (29/7) dengan lokasi pertama di Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan. Kemarin (26/7) seluruh ketua RT di Kecamatan Balikpapan Selatan dikumpulkan di aula kantor kecamatan untuk diberi pengarahan dan sosialisasi demi suksesnya kegiatan.

Kabid Sumber Daya Air dan Drainase Dinas PU, Rita mengatakan, ada beberapa stakeholder pemerintah yang akan ikut andil. Termasuk wali kota, wakil wali kota, maupun ketua DPRD bakal ikut membaur kerja bakti bersama masyarakat. “Pak Wali saya mau menghadap sore ini (kemarin). Pak Wawali sudah menyatakan akan datang. Bapak Ketua Dewan juga bersedia dan meminta untuk diingatkan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, Gaban merupakan kegiatan road show bersih-bersih di enam kecamatan di Balikpapan. Setelah lokasi pertama di Kelurahan Sepinggan, minggu depan akan dilaksanakan di Kelurahan Graha Indah. Minggu berikutnya di Kecamatan Tengah, Barat, Timur, dan Kota. Selanjutnya akan kembali ke Balikpapan Selatan dengan lokasi kelurahan yang dipilih secara bergantian oleh camat.

Kegiatan tersebut sekaligus untuk melihat seberapa besar kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. “Makanya hari ini kami edukasi dengan sosialisasi. Setelah itu tinggal kerja, kerja, kerja,” tambahnya.

Pihaknya akan mengerahkan tiga dump truck untuk mengangkut sedimen yang dibersihkan. Kemudian alat berat juga akan dikerahkan jika memang dibutuhkan. “Yang penting kami pengin Gaban jadi satu motivasi maupun inovasi baru bagi kami. Bahwa dengan melibatkan masyarakat tidak menggunakan dana yang besar, tapi memelihara dari kita dan untuk kita,” kata Rita.

Sementara itu, Camat Balikpapan Selatan Haemusri Umar menyambut baik kegiatan ini. Di hadapan puluhan ketua RT, ucapan idul adha dia meminta semua lurah dan RT untuk aktif mengajak warganya peduli terhadap lingkungan. Salah satunya dengan terlibat dalam Gaban ini. Dia juga akan memberikan reward kepada RT yang dipantau memang aktif. “Saya akan keliling. Saya akan pantau langsung,” ujarnya.

Reward itu berupa prioritas untuk program-program perbaikan infrastruktur dan fasilitas umum. “Misalnya di lokasi RT itu ada jalan rusak, atau drainase yang rusak. Saya akan respons cepat. Saya juga akan meminta ke OPD terkait agar perbaikannya dijadikan prioritas,” pungkasnya.

PERATURAN PENULISAN PESAN

    Forum ini dipergunakan untuk curah pendapat pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan berita atau pesan atau tulisan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah. Tim Website KOTAKU tidak bertanggungjawab atas isi atau kebenaran informasi di forum ini.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.