Forum

Beranda Forum Kirim Tanggapan

Bengawan Solo Tercemar Limbah, Warna Air Keruh Kecoklatan

selvi Aug 1,2018

Sungai Bengawan Solo diduga mengalami percemaran berbagai aneka limbah. Sejumlah lahan petani di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim) ikut terdampak. Pasalnya, Sungai Benagwan Solo merupakan sumber utama pengairan sawah warga setempat.

Peristiwa ini telah berlangsung sejak beberapa bulan terakhir, warga terpaksa menggunakannya karena merekan telanjur menanam bibit padi. Selain tercemar, debit air sungai terpanjang di Jawa yang biasa mengairi sawah mereka terus menyusut seiring musim kemarau.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, Jatim, Nurul Azizah mengatakan, berdasarkan pantauan air Sungai Bengawan Solo di wilayah hilir Bojonegoro diduga sudah tercemar aneka limbah kiriman dari hulu.

“Pencemaran limbah Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro bersumber dari hulu, wilayah Jawa Tengah (Jateng). Saat ini, streaming manchester city warna air Bengawan Solo terlihat keruh kecoklatan. Kemungkinan ada aliran limbah yang baru saja dibuang,” kata Nurul, Selasa (31/7).

Menurut dia, dari hasil uji laboratorium kualitas air Bengawan Solo di daerahnya yang dikeluarkan Laboratorium Lingkungan Perum Jasa Tirta I Mojokerto 24 Mei 2018 menunjukkan berbagai parameter air Bengawan Solo di daerah setempat sudah di atas ambang batas ketentuan baku mutu.

Sesuai data untuk oksigen terlarut (DO) hasilnya 4,5 miligram O2 per liter, sedangkan baku mutu sesuai ketentuan 4 miligram O2 per liter. BOD 6,77 miligram per liter, sesuai ketentuan 3 miligram per liter dan COD 34,19 miligram per liter, sedangkan sesuai ketentuan 25 miligram per liter.

PERATURAN PENULISAN PESAN

    Forum ini dipergunakan untuk curah pendapat pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan berita atau pesan atau tulisan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah. Tim Website KOTAKU tidak bertanggungjawab atas isi atau kebenaran informasi di forum ini.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.