Forum

Beranda Forum Kirim Tanggapan

Flyover Pancoran Tak Perlu Sertifikat, Ini Penjelasan PU

lala Jan 18,2018

Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan pengoperasian jalan layang (flyover) Pancoran tidak membutuhkan sertifikat laik peranan (SLF).

Direktur Jembatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Iwan Zarkasih menyebutkan, flyover pancoran tidak membutuhkan SLF karna bukanlah dalam kelompok jembatan spesial yang membutuhkan uji laik peranan.

" Bukanlah spesial. Jadi sesuai sama Permen (Ketentuan Menteri), tidak butuh uji laik peranan, " tegasnya pada detikFinance, Selasa (16/1/2018).

Iwan menerangkan, dalam Ketentuan Menteri Nomor 41 Th. 2015 mengenai Penyelenggaraan Keamanan Jembatan serta Terowongan Jalan. Jalan spesial mempunyai bentang lebih dari 100 mtr., jembatan pelengkung lebih dari 60 mtr., serta panjang lebih 3. 000 mtr..

Sesaat pembukaan yang sudah dikerjakan pada Senin 15 Januari 2018, tempo hari adalah bentuk dari dari soft rilis. Mengenai jalan layang itu di buka karna sudah penuhi standard keamanan berlalu lintas.

" Jembatan telah dikerjakan soft rilis yang sudah lolos uji keselamatan berlalulintas, apakah penuhi kriteria atau tidak, aman atau tidak, " katanya.

Seperti di ketahui, jalan layang Pancoran dibuat oleh PT Nindya Karya. Jalan itu dibuat selama 840 mtr. yang terbagi dalam dua lajur dengan lebar 9 mtr..

Ia juga menyebutkan, kalau pihaknya juga akan lakukan uji cepat jembatan pada Sabtu, 20 Januari 2018. Dia katakan, pengujian jalan layang Pancoran semakin lebih cepat dari Jembatan Semanggi.

" Kelak Sabtu dikerjakan pengujian yang lebih cepat. Kendaraan melaju dengan kecepatan spesifik hingga di ketahui tanggapan streaming indosiar jembatannya seperti apa, " kata Iwan.

" Bila semanggi kan lama. Dapat sampai dua malam. Bila ini (Pancoran) dapat lebih cepat, satu hari beres, " tutupnya.

PERATURAN PENULISAN PESAN

    Forum ini dipergunakan untuk curah pendapat pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan berita atau pesan atau tulisan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah. Tim Website KOTAKU tidak bertanggungjawab atas isi atau kebenaran informasi di forum ini.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.