Komunikasi

Beranda Laporan Progres Kegiatan Komunikasi Progres Kegiatan dan Pengadaan Media Bantu Sosialisasi

Progres Kegiatan dan Pengadaan Media Bantu Sosialisasi

View (1777)

Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi dan Pengadaan Media Bantu Sosialisasi 

Sosialisasi dalam konteks PNPM Mandiri Perkotaan bukan hanya sekedar diseminasi media publikasi ataupun sekedar pemahaman masyarakat terhadap substansi serta prosedur PNPM Mandiri Perkotaan saja. Tetapi, sosialisasi diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran kritis, perubahan sikap serta perilaku masyarakat. Sebab itu, sosialisasi harus terintegrasi dalam aktivitas pemberdayaan dan dilakukan secara terus menerus untuk memampukan masyarakat  menanggulangi masalah-masalah kemiskinan secara mandiri dan berkelanjutan.

Kegiatan sosialisasi mempunyai peranan penting dalam proses memberikan pehamaman kepada masyarakat. Pada awal-awal program, media sosialisasi yang didorong adalah media yang secara substansi menjelaskan program secara keseluruhan pada tahapan/siklus kegiatan di masyarakat melalui media yang didistribusikan dari Pusat. Pada tahun 2007 pendekatan mulai bergeser, dimana masyarakat diberi ruang untuk mengembangkan, merencanakan, memproduksi, mendistribusikan pengetahuan dan informasi mereka melalui “Media Warga”. Melalui Media warga ini juga diharapkan masyarakat dapat merencanakan strategi Komunikasi di wilayahnya, serta mampu mengkomunikasikan kegiatan-kegiatan yang ada di wilayahnya baik secara horizontal diantara warga sendiri, maupun secara vertikal antara warga dengan pihak pemerintah daerah.

Keterlibatan masyarakat dalam proses pembuatan, pengembangan, dan pemanfaatan Media Warga akan memberikan pembelajaran kritis dan menumbuhkan kesadaran serta rasa memiliki yang tinggi sehingga dapat terjamin keberlanjutannya. Media Warga lebih mudah diterima dan dipahami karena sangat mengutamakan konteks budaya dan seni lokal/daerah serta sesuai dengan penggunaan bahasa, nilai-nilai, dan kebiasaan/tradisi setempat.

Progres kegiatan sosialisasi yang ditampilkan dilengkapi dengan informasi berupa rekap data dari berbagai progres seperti :

  • Persentase capaian kegiatan secara nasional
  • Persentase capaian pelaksanaan sosialisasi per propinsi
  • Persentase capaian penulisan artikel propinsi
  • Persentase capaian workshop media
  • Persentase capaian pelaksanaan TV Talkshow
  • Persentase capaian lokarya provinsi
  • Persentase penulisan artikel berita kab/kota
  • Persentase capaian pelaksanaan radio talkshow
  • Persentase capaian pelaksanaan media field visit
  • Persentase capaian pelaksanaan lokakarya kab/kota

Berikut kami sajikan tabel capaian/progres kegiatan sosialisasi dari seluruh KMW. Tabel ini dimaksudkan untuk memberi gambaran perkembangan kegiatan sosialisasi di masing-masing KMW.


Download File :


Download File :


Download File :

 



Download File :
Nama File/Folder Type
Evkin TA Sosialisasi Folder
Distribusi Material Folder
Media Tracking Folder
Progres Kegiatan Folder