Beranda Warta Berita 60 BKM di DKI Lolos Ikuti Pelatihan BRI

60 BKM di DKI Lolos Ikuti Pelatihan BRI

Comments (0) View (1441)

B

BERKAITAN dengan program kerjasama antara Departemen PU (ex Departemen Kimpraswil) dengan PT BRI, Tbk di dalam upaya memberikan ketrampilan kepada UPK dan BKM P2KP 1/1 dan P2KP 1/2, akan dilakukan pelatihan pada 14 Februari 2005 hingga 14 Maret 2005 bertempat di Balai Diklat Depkimpraswil, Komplek PU Pasar Jumat, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Jadwal yang hampir bisa dipastikan ini diperoleh Pusinfo saat mengikuti rapat koordinasi teknis antara keduanya pada Rabu (1/12) lalu di ruang rapat P2KP.

Dari sekitar 200 BKM yang ada di DKI Jakarta, hanya sekitar 60 BKM saja yang lolos mengikuti pelatihan BRI dari hasil seleksi berdasar pendataan yang dilakukan KMW 2 dan KMW 3 P2KP 1/2 pada bulan Oktober 2004. BKM-BKM yang lolos tersebut adalah BKM yang dianggap memiliki ranking tertinggi berdasarkan penilaian yang selektif, adil serta transparan dari acuan P2KP. Dari 60 UPK/BKM di DKI Jakarta ini terdiri dari sekitar 300 orang peserta dengan perincian 120 orang dari unsur BKM dan 180 orang dari unsur UPK.

Disamping BKM di wilayah DKI Jakarta, ikut pula sebagai peserta dari 2 provinsi lainnya yaitu sebagian Jawa Barat (Bogor, Bekasi) serta Banten dengan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 1145 orang dengan perincian 458 orang dari unsur BKM dan 687 orang dari unsur UPK. Kuota utusan dari BKM ditetapkan sebanyak 2 orang, sedangkan dari UPK ditetapkan sebanyak 3 orang sehingga total di setiap kelembagaan BKM diisi oleh 5 orang UPK dan BKM.

Sebagai informasi, pelatihan yang sama juga akan dilakukan pada UPK BKM di propinsi Jawa Barat (di luar Bogor dan Bekasi) yaitu pada 24 Januari 2005 hingga 21 Februari 2005 dengan peserta sejumlah 705 orang terdiri dari 282 orang dari unsur BKM dan 423 orang dari unsur UPK. Pelatihan ini akan bertempat di Balai Diklat wilayah 2 PU di Jalan Jawa dan Jalan Riau, Bandung.

Sedangkan untuk wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, BRI akan melanjutkan pelatihan UPK BKM pada 6 Desember 2004 hingga 13 Desember 2004 untuk angkatan 2 dan 3 wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk wilayah Jawa Tengah mengambil tempat di LPMP Semarang sedangkan untuk Jawa Timur bertempat di BAPELKES Murnajati, Lawang, Malang. Jumlah keseluruhan peserta adalah 677 orang yaitu 307 orang untuk UPK wilayah Jawa Tengah dan 370 orang untuk UPK wilayah Jawa Timur.

Pada saat berakhirnya kontrak kerjasama Departemen PU dengan PT BRI, Tbk ini, diharapkan akan bisa dilatih sebanyak 800 BKM dengan melibatkan 4000 orang peserta dari UPK dan BKM. “Sesuai jadwal pelatihan yang dimulai di Yogjakarta pada 30 Agustus 2004 diharapkan akan bisa berakhir pada 14 Maret 2005 yang akan datang. Tapi bila melampaui batas waktu kontrak, maka pihak BRI akan mengajukan perpanjangan waktu melalui surat kepada P2KP,” ungkap H. Sudirman, M.Si dari KMP P2KP. “Keterlambatan ini masih dapat diterima karena sulitnya mencari lokasi tempat dan banyaknya hari libur nasional,” lanjut Sudirman. (Heroe; Yanti)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.