Beranda Warta Berita Aksi Amal Bakti BKM Wanaherang: Membuka Kepedulian Sosial

Aksi Amal Bakti BKM Wanaherang: Membuka Kepedulian Sosial

Comments (0) View (2100)

B

BADAN Keswadayaan Masyarakat (BKM) Paguyuban Warga Desa Wanaherang bekerjasama dengan Terrano Club Indonesia menggelar bakti sosial di bidang pendidikan dan kesehatan berupa rehabilitasi sekolah madrasah Sirojul Aftal Desa Wanaherang, Kec Gunung Putri, Kab Bogor serta penyemprotan nyamuk malaria/demam berdarah di Desa Wanaherang.

Acara ini cukup menyedot banyak perhatian bukan hanya dari masyarakat setempat, tetapi juga mengundang kepedulian berbagai pihak mulai dari birokrat di lingkungan Kab Bogor melalui Bupati Bogor yakni Agus Utara Efendi yang pada kesempatan tersebut diwakili Wakil Bupati Bogor Nana Suryana, anggota komisi X DPR-RI yang membidangi pendidikan yakni Dra Farida, George Soraya dari World Bank; unsur dari KMP dan proyek P2KP, Depdiknas mulai dari tingkat pusat hingga dinas daerah serta Club Kuda Mitsubishi serta Brigade Motor. Tak ketinggalan, acara juga dimeriahkan oleh kehadiran Indro Warkop Prambors.

Pihak Terrano Club dalam sambutannya mengatakan, aksi bakti sosial pendidikan dan kesehatan ini pada intinya ingin menunjukan rasa kepedulian sosial bagi warga Wanaherang melalui pemberian bantuan untuk lembaga pendidikan dan siswa yang kurang mampu serta melakukan penyemprotan DBD sebagai implementasi aksi sosial di bidang kesehatan.

Kemudian Bupati Bogor Agus Utara Efendi, SIP yang diwakili oleh Wakil Bupati Bogor Nana Suryana, dalam sambutannya mengatakan bahwa terkait dengan Undang-undang Otonomi Daerah, ada kewenangan Pemda yang lebih luas guna mengurusi rumah tangganya sendiri yang salah satunya di bidang pendidikan. Dan dengan semangat Otoda, Pemda bertanggung jawab mencerdaskan kehidupan masyarakat, khususnya pada warga Wanaherang dimana anak-anak usia sekolah yang tidak mampu diberi kesempatan bersekolah. Selain itu, Pemda bersama elemen peduli lainnya juga memberi bantuan berupa rehabilitasi sekolah serta sarana penunjang lainnnya, yang salah satunya melalui bantuan pendidikan kepada kepada lembaga pendidikan Sirojol Atfal dalam bentuk Block Grant.

Sambutan yang diberikan Koordinator Pimpinan Kolektif BKM Wanaherang, Nurus Talim menyatakan bahwa sebelum kegiatan ini digelar, pihak kelembangaan BKM telah membuat skala prioritas kegiatan sosial atas bantuan kepada anak-anak sekolah yang tidak mampu. Selain itu, BKM juga ikut membantu pembangunan rehabilitasi madrasah. “Mudah-mudahan dengan adanya amal bhakti sosial pendidikan dan kesehatan yang dilakukan oleh Terrano ini bisa menggugah pihak lainnya,” ujar Nurus Talim.

Berdasarkan catatan yang diterima oleh Pusinfo, sekolah madrasah Sirojul Atfal yang dijadikan sasaran bantuan untuk bidang pendidikan ini, memang sudah menjadi hasil musyawarah dan kesepakatan warga dari berbagai elemen di wilayah Wanaherang. Sekolah yang terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Aliyah ini memang sangat membutuhkan bantuan dari berbagai pihak dimana jumlah siswa tingkat SD dan SMP di sekolah tersebut mencapai 358 orang dimana 54 siswa diantaranya dari keluarga tidak mampu dengan perincian 40 siswa terdiri dari yatim piatu dan fakir miskin.

Yang tak kalah menarik, sebelum acara diakhiri, Indro dari Warkop Prambors pun tak ketinggalan memberikan sambutan. Pelawak ini mengharap kepada semua pihak untuk ikut peduli terhadap masa depan bangsa yang salah satunya melalui pemberian bantuan baik dalam bentuk fisik rehabilitasi sekolah ataupun pemberian bantuan kepada siswa tidak mampu. Sambil melawak yang intinya bermuara pada motivasi menggugah kepedulian hadirin, Indro membuka kotak amal melalui dus aqua dan bantuan dana pun berhamburan ke kotak dari berbagai peserta seperti Wakil Bupati Bogor, Bappeda Bogor, Club Otomotif Terrano, Kuda dan Brigade Motor, Kapolsek, Camat serta Danramil.

Acara simbolis pembukaan bakti sosial pendidikan dan kesehatan ini akhirnya usai. Dari beberapa warga Wanaherang yang diminta pendapat oleh Pusinfo sempat mengungkapkan rasa terima kasih tak terhingga kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan acara ini berkenaan dengan memang sangat dibutuhkannya bantuan-bantuna seperti ini di Desa Wanaherang. (Sarim; Yanti)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.