Beranda Warta Berita Relawan PS Kel Arjosari, Melakukan Pendataan 3 Hari

Relawan PS Kel Arjosari, Melakukan Pendataan 3 Hari

Comments (0) View (1215)

R

RINI, demikian panggilan akrab Dra. Uhudini Mujiriningsih, istri seorang pegawai negeri di Kelurahan Arjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Perempuan berputra 2 ini adalah salah satu anggota dari 3 orang yang terpilih sebagai Tim Pemetaan Swadaya (PS) dari RW 05 kelurahan setempat.

Keterlibatan Rini sebagai Relawan dalam proses P2KP di kelurahan ini, berawal dari penunjukkan pengurus RT setempat. Saat itu, Rini dipilih untuk mewakili RT 01 RW 05 dalam rembug di tingkat Kelurahan Arjosari. Pemilihan Rini bukan tanpa alasan. Ibu ini memang dikenal cukup aktif dalam berbagai kegiatan kampung mulai aktifitas di tingkat RT, RW hingga tingkat kelurahan. Demikian pula halnya dengan alasan pemilihan 2 anggota Tim PS lainnya dari RT 01 RW 05 ini.

Dari hasil rembug di tingkat kelurahan, disepakati sekitar 18 orang Relawan yang akan berperan sebagai Tim PS. Kesemuanya adalah orang-orang terpilih yang berasal dari 5 RW dan 32 RT di kelurahan Arjosari. Adapun jumlah dan komposisi Relawan dari masing-masing RW sangat bervariasi, berkisar antara 3 hingga 4 orang. Ke-18 orang Relawan PS tersebut diberi pembekalan oleh Fasilitator Kelurahan tentang peran/fungsi serta tugas tim berkenaan dengan kegiatan ini.

Setelah Tim PS terbentuk dan dilakukan pembekalan oleh Tim Fasilitator, beberapa hari kemudian mereka langsung turun ke lapang sesuai dengan wilayah RW masing-masing, termasuk yang dilakukan Rini dan kawan-kawan di wilayah sasaran RW 05 dengan cara membagi peran dan tanggung jawab wilayah sasaran.

Rini dan kawan-kawan mendata kebutuhan sarana dan prasarana serta kebutuhan sosial dalam waktu 3 hari. Sesudah itu, mereka bertiga merangkum hasil pendataan serta menyerahkannya pada Faskel. Ketika ditanya tindak lanjutnya, Rini mengatakan bahwa sesudah melakukan pendataan, tidak ada kegiatan lagi. Dirinya juga menjelaskan bahwa yang dipahaminya adalah sebatas kegiatan pendataan di wilayah RWnya sebagai bidang tugas Tim PS.

Saat realisasi PJM Pronangkis (yang bersumber dari hasil pendataan Pemetaan Swadaya), Rini mengatakan bahwa RW 04 dan RW 05 tidak mendapatkan perbaikan sarana dan prasarana. Namun, dari pihak RW dan warga telah menyadari hal tersebut mengingat memang di wilayah itu belum ada kebutuhan yang menjadi prioritas mendesak terutama bila dibandingkan dengan wilayah lain yang kondisi lingkungannya lebih memprihatinkan.

Untuk program sosial, menurut sepengetahuan Rini, rencananya akan direalisasikan beberapa bulan kemudian setelah ada hasil dari perguliran dana ekonomi produktif BLM termin kedua. Sebagian dari jasa 1,5 % perguliran, rencananya akan diprogramkan untuk kegiatan sosial. Adapun kegiatan sosial yang telah disiapkan adalah: bea siswa, bantuan untuk jompo serta pengadaan kloset. Hingga kini, kegiatan sosial memang belum terealisir karena beberapa jenis kegiatan yang diusulkan belum mendapat persetujuan BKM. Sedangkan untuk kegiatan ekonomi produktif, sementara ini, aktivitas KSM telah sejak beberapa bulan yang lalu.

Sebagai seorang ibu rumah tangga, tentu dengan aktif di kegiatan kampung terkadang sangat menyita waktu. Ketika ditanya apa alasannya mau berperan sebagai Relawan dengan sekian kesibukannya, Rini mengatakan bahwa kegiatan sosial sudah menjadi suatu hal yang mendarah daging baginya. “Sebagai ibadah, menolong orang susah adalah perbuatan yang mulia, sehingga saya melakukannya dengan senang hati,” ujar Rini yang mengaku juga didukung oleh sang suami Drs.Sukatma,MT serta 2 orang anaknya dalam beraktivitas di kampungnya. (Heroe: Yanti)            

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.