Beranda Warta Berita Persiapan Menyongsong Sosialisasi Pendirian Koperasi di Semarang

Persiapan Menyongsong Sosialisasi Pendirian Koperasi di Semarang

Comments (0) View (1408)

B

BERKAITAN dengan agenda sosialisasi penguatan UPK BKM menjadi koperasi yang akan dilangsungkan di Semarang dan DIY pada 21 dan 22 Desember 2004, RM 2 Jawa Tengah telah mengundang KMW 6, KMW 7, KMW 8 dan KMW 9 bertempat di LPMP Srondol, Semarang pada 17 Desember 2004 lalu. Tujuan dilaksanakannya pertemuan ini adalah sebagai persiapan akhir dari agenda menyongsong sosialisasi tersebut.

Hadir dalam acara TL, TA, Korkot dari KMW 6 hingga KMW 8 (1/2) minus KMW 9, serta dari RM 2, Ir. Suseno dan Drs. H. Parmonangan dari Proyek P2KP. Dalam acara yang dipandu KMP dan RM tersebut, membicarakan 3 pokok bahasan yakni: pertama, sejauh mana undangan dari BKM siap hadir; kedua, pemahaman terhadap subtansi acara sosialisasi; dan ketiga, tentang teknis fasilitasi acara. “ Pihak RM 2 bertanggung jawab atas kehadiran 88 BKM, sesuai jumlah yang diundang  pada acara tersebut. Sedangkan pihak KMW harus melakukan sosialisasi awal sebagai bekal kepada BKM untuk mengikuti sosialisasi tersebut,” ujar Parmonangan. Dalam koordinasi persiapan tersebut juga ditetapkan tentang pemberian transport bagi peserta dari BKM yang besarnya sama untuk setiap orangnya, tanpa membedakan jarak.

Berkenaan dengan ketidakhadiran KMW 9 Yogyakarta akibat suatu hal, membuat staf KMP, Mochtar Bahar memandang perlunya datang ke KMW tersebut untuk mengklarifikasi kesiapan mereka, mengingat pentingnya momen itu bagi BKM. Berdasarkan pembicaraan per-telepon dengan KMW 9, diperoleh penegasan tentang kesiapan KMW 9 dan BKM di wilayah tersebut. ”Tak ada kendala di pihak KMW 9, mereka siap melaksanakannya serta telah menyiapkan sebanyak 36 BKM yang diundang ditambah sejumlah pengurus FKBKM-nya,” jelas Parmonangan.

Dari segi peserta, untuk kegiatan di Semarang rencananya akan dihadiri oleh sekitar 210 peserta dengan 170 peserta dari kalangan BKM dan jajaran P2KP (86 peserta dari BKM dengan perwakilan 1 orang per-BKM). Mengenai tanggung jawab penyampaian undangan berikut sosialialisasi agenda terutama untuk BKM, menjadi tugas KMW sepenuhnya. Sedangkan untuk undangan dari kalangan Dinas dan Pemda menjadi tanggung jawab Kanwil Koperasi dan UKM. Namun demikian, Korkot KMW dapat membantu kontak dan memastikan kehadiran mereka.

Dari segi subtansi, narasumber dan bahan untuk sosialisasi, akan disiapkan sepenuhnya oleh Proyek P2KP Pusat. Walau, masih perlu dipastikan tentang tersedianya bahan sebelum acara dimulai. RM, KMW dan KMP pun diminta siap untuk menjadi moderator apabila diminta. Dan yang paling penting bahwa pengalaman sosialisasi di Surabaya mengenai paparan untuk topik pendirian koperasi harus lebih jelas dan gamblang. (Heroe; Mochtar Bahar; Yanti)
                       

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.