Beranda Warta Berita Temu Nasional Penanggulangan Kemiskinan 2004

Temu Nasional Penanggulangan Kemiskinan 2004

Comments (0) View (1150)

D

Dalam kerangka untuk mengevaluasi, memantapkan dan mempercepat berbagai upaya penanggulangan kemiskinan secara nasional, maka diperlukan suatu forum berupa Temu Nasional Penanggulangan Kemiskinan. Melalui forum ini diharapkan dapat dihasilkan rencana tindak (action plan) berupa program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan yang lebih jelas, terukur, terkoordinasi, dan berkelanjutan. Disamping itu, melalui forum ini diharapkan berbagai “stakeholder” yang terlibat dalam upaya penanggulangan kerniskinan dapat membahas kebijakan, strategi, program dan kegiatan penanggulangan secara tuntas guna menemukan solusi bersama dalam upaya peningkatan efektivitas penanggulangan kemiskinan. Dengan demikian diharapkan forum ini akan mampu menghasilkan langkah operasional untuk mempercepat peningkatan upaya penanggulangan kemiskinan dalam jangka pendek, serta menghasilkan penyempurnaan langkah operasional (road map) penanggulangan kemiskinan dalam jangka menengah secara sistematik dan berkelanjutan.

Atas dasar pemikiran tersebut KPK  (Komite Penanggulangan Kemiskinan) mengadakan kegiatan Temu Nasional Penanggulangan Kemiskinan dengan tema kegiatan kali ini yaitu “Revitalisasi Kelembagaan dan Akselerasi Penanggulangan Kemiskinan melalui Pengembangan Usaha Mikro”.  Acara diselenggarakan pada tanggal 20 hingga 23 Desember 2004 di Sahid Jaya Hotel, Jakarta.

Peserta Temu Nasional Penanggulangan Kemiskinan antara lain ;  Ketua KPKD Provinsi seluruh Indonesia, Ketua Satgas Daerah KKMB Provinsi seluruh Indonesia, Anggota Kelompok Kerja (Pokja) KPK, Representasi pengelola program/proyek penanggulangan kemiskinan, Representasi perbankan/LKBB, Representasi pelaku usaha, Representasi lembaga swadaya masyarakat/lembaga penelitian, Representasi BDS Provider dan KKMB.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam Temu Nasional Penanggulangan Kemiskinan ini antara lain; Diseminasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan, Diskusi Panel Lintas Pelaku Penanggulangan Kemiskinan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas), Evaluasi Pelaksanaan Deklarasi Yogyakarta, Evaluasi Kinerja KPKD dan EvaLuasi Kinerja Satgas Daerah KKMB serta Temu Bisnis dan Pameran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Untuk melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan Temu Nasional Penanggulangan Kemiskinan, KPK telah membentuk Panitia Pelaksana (Organizing Committee) yang dikoordinasikan oleh Ketua Pokja KPK Bidang Dunia Usaha serta melibatkan representasi kementerian/lembaga/badan dan stakeholder terkait. Kegiatan tersebut didanai oleh KPK dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia).

P2KP sebagai salah satu dari Program Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia turut serta dalam Pameran Usaha Mikro, kecil dan Menengah tersebut dengan memanfaatkan satu space ruang pameran. Seperti yang dituturkan TA Sosialisasi KMP Ibu Alfita, “Dengan mengikuti pameran ini, P2KP ingin mengenalkan lebih jauh apa itu P2KP dan kegiatan P2KP sejalan dengan tema kegiatan ini”. Dimana di P2KP ada BKM melalui UPK BKM nya yang mengelola pinjaman bergulir (kredit mikro) kepada KSM-KSM binaannya. (NITA)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.