Beranda Warta Berita Jadwal Partisipasi Penulisan Berita/Artikel Web

Jadwal Partisipasi Penulisan Berita/Artikel Web

Comments (0) View (1073)

D

DIAWALI dengan subtansi dasar Web ini ada yakni sebagai sarana pendukung (fasilitasi) publik terutama bagi pelaku P2KP di 3 aspek yaitu sosialisasi berupa publikasi materi baku P2KP, informasi berupa publikasi kegiatan lapang berbentuk berita, artikel, best practice, dsb serta komunikasi berupa media interaksi antar pelaku melalui Forum Web dan Mimbar Bebas; maka Web P2KP dikembangkan.

Berkenaan dengan misi sarana informasi, rubrik Web dirancang dalam 3 kategori rubrik yakni: (1) Berita, sebagai informasi yang menggambarkan kegiatan yang berhubungan dengan P2KP yang didalamnya memenuhi unsur 5 W (what--apa, who--siapa, where--dimana, when--kapan serta why--mengapa); (2) Cerita lapang, menjelaskan tentang tentang kegiatan pelaksanaan (siklus) P2KP yang dilakukan terutama oleh Fasilitator P2KP; serta (3) Artikel, merupakan succes story atau essay yang membangkitkan semangat serta pemahaman/pembelajaran tentang P2KP khususnya maupun pemberdayaan masyarakat pada umumnya.

Mengingat kebutuhan akan sebuah alunan kegiatan dan proses lapang yang terekam dalam suatu portal Web serta nilai pentingnya berita/artikel/cerita lapang bagi pengembangan program P2KP, maka dibutuhkan penulisan proses lapang (berita lapang) menjadi suatu referensi yang ke depan bisa jadi akan sangat bermanfaat bagi siapa saja, utamanya bagi ruang publik pemberdayaan. Ini juga sejalan dengan arah capaian Web yang ingin mewujudkan sebuah dukungan Portal Pemberdayaan. Untuk itu, sejalan dengan nuansa saling berpartisipasi dan belajar, penulisan catatan lapang berupa berita, artikel atau lainnya sangat diharapkan, terutama melalui mekanisme partisipatif penulisan berita/artikel.

Merujuk surat PMU No. 08/PMU-P2KP/IV/2004, tertanggal 20 April 2004 perihal penyelenggaraan Pusinfo P2KP tentang penulisan berita partisipatif melalui Web yang kali ini disusul dengan penegasan ulang tentangnya melalui surat Pimpro No. UM.01.01/P2KP/1008/2004 tanggal 20 Desember 2004 menginstruksikan kepada para pelaku P2KP agar berpartisipasi menulis berita/artikel di Web P2KP, dengan ketentuan sebagai berikut:
(1) Satu orang diantara para TA dan TL KMW wajib mengirimkan sekurang-kurangnya 1 (satu) tulisan per-bulan. Tulisan TA/TL KMW akan bersifat ulasan tentang perkembangan pelaksanaan di SWK-nya.
(2) Masing-masing Korkot/STL wajib mengirimkan sekurang-kurangnya 1(satu) tulisan per 2 bulan. Tulisan Korkot akan bersifat ulasan tentang perkembangan pelaksanaan diwilayahnya. Dapat juga Korkot menyampaikan ‘best practice’ dari salah satu kegiatan para Faskel di wilayahnya.
(3) Satu orang diantara para Fasilitator dalam satu Korkot (ditentukan oleh Korkotnya) wajib mengirimkan sekurang-kurangnya 1(satu) tulisan perbulan. Tulisan Fasilitator hendaknya diarahkan untuk menulis cerita lapang (pengalaman melaksanakan kegiatan), ataupun best practice dari salah satu kegiatannya di wilayahnya.
(4) KMP wajib mengirimkan sekurang-kurangnya 1 (satu) tulisan per bulan.
(5) Team Advisory wajib mengirimkan sekurang-kurangnya 1 (satu) tulisan per bulan.

Kemudian, ditindaklanjuti dengan surat Team Leader KMP yang memerintahkan kepada TL KMW untuk dapat memenuhi kewajiban penulisan serta mengkoordinir TA, Korkot dan Faskel sesuai dengan jadwal penulisan masing-masing. Tentang mekanisme teknis dan penjadwalan waktu penulisan berita partisipatif untuk masing-masing KMW dengan distribusi penulisan serta ketentuan penjadwalan pengiriman tulisan bisa dilihat pada daftar terlampir dengan cara mendownload file tersebut.

Mengenai penulisan berita maupun cerita lapang disampaikan dalam bahasa yang ringan dan ringkas dengan panjang sekitar 5-7 paragraph, meski untuk cerita lapang tidak disalahkan bila melebihi 7 paragraf. Sedangkan untuk artikel tidak dibatasi, meskipun sebaiknya tidak lebih dari 12 paragraf. Kesemuanya dapat dikirim melalui email ke: pusinfo@plasa.com.

Berkenaan dengan telah mendesaknya penjadwalan, maka untuk KMW, Korkot dan Faskel Korkot yang penetapan jadwal pengiriman tulisan jatuh pada minggu pertama tanggal 3 Januari 2005 (lihat jadwal terlampir), diberi kelonggaran waktu pengiriman berita hingga pengiriman minggu berikutnya, sehingga diharapkan telah mengirimkannya selambat-lambatnya pada 10 Januari 2005. (Yanti)


 

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.