Beranda Warta Berita Menghadirkan Aa’ Gym, Rencana Baksos BKM Cikande

Menghadirkan Aa’ Gym, Rencana Baksos BKM Cikande

Comments (0) View (1251)

D

DALAM rangka meningkatkan kepedulian masyarakat dan kepekaan terhadap kondisi sosial yang ada, BKM Cikande Bangkit Desa Cikande Kecamatan Cikande Kabupaten Serang, akan melakukan bhakti sosial masyarakat. Direncanakan, kegiatan ini akan berbentuk santunan bagi beberapa elemen warga yang membutuhkan yaitu orang tua jompo, kaum dhuafa (fakir miskin), anak yatim piatu serta pencanangan program orang tua asuh.

Dengan mengambil tema “Dengan bhakti sosial, kita tingkatkan kepedulian dan kepekaan pada masyarakat pedesaan, khususnya masyarakat pra-sejahtera di Kabupaten Serang”, diharapkan dengan dapat terjadi proses peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Serang terutama terkait dengan pengentasan kemiskinan.

Menurut Hermawati bersama pengurus kolektif BKM ini saat diwawancarai Pusinfo 13 Januari 2005 lalu, apabila kegiatan ini bisa diwujudkan, diharapkan minimal masyarakat Desa Cikande dapat merasakan manfaat dari keberadaan BKM. “Semoga gaung dari kegiatan ini dapat terekam pada wilayah sekitar sehingga diharapkan yang lainnya saling berlomba untuk berbuat kebajikan serta ikut berpartisipasi dan berperan dalam penanggulangan kemiskinan,” ungkap Hermawati.

Hermawati juga menjelaskan bahwa sedianya, rencana awal kegiatan ini akan dilaksanakan pada 30 Januari 2005, namun terpaksa diundur hingga 5 Maret 2005 karena telah dijanjikan Kyai kondang Aa’ Gym akan hadir. “Aa’ Gym berkenan menyediakan waktu pada 5 Maret mengingat menumpuknya kegiatan beliau, maka  kami terpaksa mengikutinya,” ujar Hermawati. “Sebab, bagaimanapun kehadiran beliau sangat memberikan arti penting bagi kegiatan ini, disamping untuk memenuhi harapan masyarakat wilayah kami,” ujarnya. “Selain itu, beliau juga sudah sejak lama menjadi idola masyarakat sini, sehingga pihak kami mau tidak mau berupaya mengikuti jadwal beliau,” tambah engurus Kolektif lainnya BKM ini, Sukmadi, Nurhamudin dan Asih.

Masih menurut para pimpinan kolektif BKM Cikande, direncanakan sebanyak 667 orang akan hadir pada kegiatan ini yang akan dipusatkan Lapangan Sepak Bola Banjarsari Cikande Desa Cikande Kecamatan Cikande Kabupaten Serang. “Bahkan Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Banten pun kami undang, termasuk Bupati, Dinas-Dinas terkait hingga Bapak-Bapak Muspika Kecamatan Cikande, Kepala Desa sekitar, masyarakat berikut KSM-nya, stakeholder P2KP wilayah dan pusat,” ujar Sukmadi. “Semoga dengan jumlah yang banyak ini tidak ada yang tertinggal,” harapnya.

Sementara itu Asih dari UPK BKM ini menerangkan tentang biaya yang dianggarkan untuk kegiatan ini. Dijelaskannya bahwa anggaran kegiatan ini dibagi dalam 2 kegiatan, yaitu anggaran untuk bhakti sosial dan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan. Untuk kegiatan bhakti sosial dialokasikan guna keperluan pembelian seragam sekolah 150 buah @ Rp. 50.000,-; kain untuk orang tua jompo 200 buah @ Rp. 30.000,-; beras untuk orang miskin 20 karung @ Rp. 125.000,-; minyak goreng 200 liter @ Rp. 5.000,-; mie instan 25 dos @ Rp. 27.000,-; gula pasir 200 kg @ Rp. 5.000,- serta Alat tulis dan buku 150 x 5 buah x Rp. 5000,-. Total biaya mencapai Rp. 20.625.000,-.

Selanjutnya anggaran untuk kegiatan pelaksanaan mulai dari konsumsi, spanduk, umbul-umbul, tenda dan kursi, gamelan dan lengser, hiburan musik orgen tunggal, hingga keamanan dan kebersihan serta lainnya, dianggarkan sebesar Rp. 18.650.000,-. Ditambah dengan alokasi biaya tak terduga sebesar Rp. 4.000.000,-. Sehingga total keseluruhan anggaran yang dibutuhkan untuk kegiatan ini sebesar Rp. 43.275.000,-.

Terkait dengan kepanitiaan, semua unsur masyarakat akan dilibatkan termasuk Kepala Desa, BPD, Ketua RW, RT, Babinsa, Binmas Polri, Linmas, tokoh masyarakat, alim ulama, KSM serta yang lainnya, sehingga berjumlah hampir 30 orang. “Sebenarnya kami juga mengharapkan bantuan pihak lain, disamping kami pun berswadaya, berupaya melalui proposal yang dibuat serta lobi-lobi dengan pihak perusahaan dan pejabat Pemda sudah kami rintis dan lakukan,” ungkap Hermawati. “Semoga dengan bantuan pihak Pusinfo, dapat menyebar luaskan event ini yang diharapkan anggaran ini dapat terpenuhi, sehingga dapat terlaksananya kegiatan sosial yang menjadi agenda penting bagi BKM Cikande Bangkit,” lanjut Hermawati dengan penuh harap. (Sarim; Heroe; Yanti)  

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.