Beranda Warta Berita Desa Tinggimae, ‘Pilot Project’ Pembentukan BKM Korkot 1 KMW 8

Desa Tinggimae, ‘Pilot Project’ Pembentukan BKM Korkot 1 KMW 8

Comments (0) View (1205)

P

PROSES pemilihan BKM di wilayah Korkot 1 Kabupaten Gowa Takalar, saat ini telah siap dilaksanakan di seluruh wilayah dampingan, terutama setelah adanya ‘Pilot Project’ pembentukan BKM Desa Tinggimae. ‘Pilot Project’ ini dimaksudkan sebagai media belajar bagi semua pelaku P2KP di wilayah Korkot 1 yakni Faskel, KMW, masyarakat desa dampingan serta Aparat Pemda. Model pembentukan BKM sendiri merupakan hal yang baru bagi masyarakat dan Pemda, sehingga diperlukan ‘contoh riil’ agar masyarakat dan Pemda mengerti serta memahami secara utuh bagaimana proses pembentukan BKM, dari awal hingga akhir.

Bagi KMW dan Faskel, ‘Pilot Project’ ini dilakukan dalam rangka menerapkan prinsip kehati-hatian pada setiap tahapan siklus kegiatan P2KP sehingga dari konsep perencanaan yang matang, dapat dievaluasi dimana letak kelebihan serta kekurangannya setelah diimplementasikan pelaksanaannya pada ‘Pilot Project’ pembentukan BKM ini. Dari sini diharapkan tidak ada kesalahan pada pelaksanaan di wilayah dampingan yang lain dan dijamin tidak akan terjadi praktek ‘shortcut’ dalam pembentukan BKM di seluruh wilayah dampingan.

Setelah melihat pelaksanaan ‘Pilot Project’ ini, banyak komentar positif dari masyarakat maupun Aparat Pemda. Ada yang mengatakan proses pemilihan BKM lebih demokratis dari pada Pemilu Legislatif maupun Pilpres yang kemarin dilaksanakan karena dalam proses ini tidak ada pencalonan, sehingga semua orang yang memang memiliki kriteria nilai-nilai luhur dapat terjaring dengan sendirinya. Kebalikannya, meskipun seorang profesor yang kaya-raya namun tidak memiliki kriteria niliai-nilai luhur, juga tidak akan dipilih oleh masyarakat. (Muhammad Su'udi; dari penulisan partisipatif KMW 8 P2KP (2/1); edit: Yanti)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.