Beranda Warta Berita Seribu Orang Lebih Siap Ikuti Pelatihan BRI di Jakarta

Seribu Orang Lebih Siap Ikuti Pelatihan BRI di Jakarta

Comments (0) View (1245)

S

SEBANYAK 230 UPK BKM P2KP 1/1 dan P2KP 1/2 di Provinsi Banten, DKI Jakarta dan sebagian wilayah Provinsi Jawa Barat, akan disiapkan untuk mengikuti pelatihan BRI. Pelatihan ini akan diselenggarakan di Balai Diklat PU Pasar Jumat, Jakarta Selatan mulai 14 Februari 2005.

Kepastian ini diperoleh Pusinfo saat mengikuti rapat evaluasi hasil survei Tim Uji Petik untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta pada hari Selasa, 2 Februari 2005 lalu, di Ruang Rapat KMP, Jalan Bendungan Jatiluhur, Jakarta Pusat. Hadir dalam rapat tersebut, seluruh Tim Uji Petik sejumlah 10 orang, terdiri dari unsur Proyek dan KMP. Selain itu, hadir pula Team Leader KMP, Kurniawan Zulkarnaen serta Budi dari RM 1, Jawa Barat.

Tim Uji Petik ini sendiri telah melaksanakan tugasnya sejak minggu lalu hingga Senin, 1 Februari 2005, dimana telah melakukan uji petik secara sampling terhadap 20 BKM di 5 wilayah kota DKI Jakarta. “Uji petik ini sebagai klarifikasi/cross check atas hasil survei awal yang telah dilakukan oleh Tim Faskel dari KMW 2 dan KMW 3 P2KP 1/2, sekitar September dan Oktober 2004 lalu. Saat itu, 20 Tim Faskel KMW 2 dan KMW 3 diturunkan untuk melakukan pendataan terhadap 201 BKM P2KP 1/1 di DKI Jakarta. Setelah hasil survei diolah KMP, dihasilkan rangking nilai dari masing-masing BKM,” papar Irzal Kifli dari Tim Exit Strategi KMP wilayah DKI Jakarta.

Ditambahkan oleh Irzal bahwa orientasi rapat tersebut adalah untuk menentukan 60 dari 201 BKM di DKI Jakarta, dimana yang lolos seleksi akan berhak mengikuti pelatihan BRI di Jakarta yang rencana pastinya diawali pada pertengahan bulan Februari 2005. “Yang lolos seleksi lebih diprioritaskan kepada BKM yang masih eksis, baik didalam hal perguliran dana, kelengkapan pengurus dan domisili kantornya, walau, hasil data kuisioner tetap diperhitungkan,” ujar Arif Widodo, staf P2KP yang mengkoordinir pelatihan BRI se-Jawa.

Selanjutnya Arif menjelaskan bahwa jumlah yang sudah pasti lolos untuk mengikuti pelatihan BRI di Jakarta adalah 230 BKM x 5 orang atau sejumlah 1.150 orang, dengan perincian 460 orang dari unsur pengurus BKM, selebihnya dari unsur pengelola UPK-nya. “Pada pembukaan pelatihan BRI yang dijadualkan pada 14 Februari 2005 mendatang, akan dihadirkan sebanyak 230 orang pengurus BKM, pejabat Eselon 1 dan 2 Eks. Depkimpraswil serta pejabat BRI,” ungkap Arif.

Arif juga menjelaskan bahwa pelatihan BRI di Jakarta yang akan berakhir pada 18 Maret 2005, adalah pelatihan terakhir untuk wilayah Pulau Jawa (untuk P2KP 1/1 dan P2KP 1/2). “Batas ini adalah sesuai jadual kontrak antara pihak Eks. Depkimpraswil dengan BRI. Apabila kontrak selesai, artinya sudah sebanyak 800 UPK BKM P2KP 1/1 dan P2KP 1/2 atau 30% dari jumlah UPK BKM yang ada di Pulau Jawa atau sebanyak 4.000 orang, telah berhasil mengikuti program pelatihan BRI,” tutur Arif.

Adapun perincian jumlah BKM dari masing-masing kota/kabupaten dan provinsi yang akan mengikuti pelatihan BRI di Jakarta adalah: (1) Wilayah Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi dan Karawang sebanyak 78 UPK BKM P2KP 1/1, sedangkan untuk UPK BKM P2KP 1/2 sejumlah 38; (2) Wilayah Provinsi Banten sebanyak 24 UPK BKM P2KP 1/1 dan 29 UPK BKM P2KP 1/2; (3) Sejumlah 60 UPK BKM di DKI Jakarta, yang semuanya berasal dari P2KP 1/1. 

Selanjutnya diperoleh tambahan informasi bahwa nantinya, saat pelatihan BRI di Jakarta, baik BKM maupun UPK masing-masing dibagi dalam 5 angkatan dengan jumlah materi pelajaran yang sama yaitu 8 buah. “Pada 14 Februari 2005, pagi harinya dilakukan pembukaan, setelah itu dilanjutkan dengan pelatihan bagi BKM angkatan pertama dan seterusnya hingga angkatan kelima. Sedangkan pelatihan bagi UPK, akan dimulai pada 21 Februari 2005,” papar Arif. (Heroe; Yanti)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.