Beranda Warta Berita KBP Bima: Membangun Kepedulian Dimulai dari Diri Sendiri

KBP Bima: Membangun Kepedulian Dimulai dari Diri Sendiri

Comments (0) View (1284)

S

SEJALAN dengan program P2KP, maka untuk membangun kekuatan bersama dalam penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Bima, Komunitas Belajar Perkotaan (KBP) setempat akan berusaha memperkuat jaringan dengan berbagai elemen masyarakat yang dianggap cukup peduli dalam upaya penanggulangan kemiskinan.

Semangat membangun kepedulian ini dimulai dari diri sendiri. Semua angota KBP telah bersepakat dan ikhlas untuk menyisihkan dan mengumpulkan sebagian pendapatannya untuk penanggulangan kemiskinan. Hal itu akan dikembangkan dengan penggalangan dana dari kelompok peduli, termasuk para pengusaha yang ada di Kabupaten Bima. Inilah sebagian dari program kerja yang telah tertuang dalam rencana kerja KBP Kabupaten Bima.

Forum KBP ini didirikan pada 15 Desember 2004 lalu. Menandai berdirinya, komunitas ini menuangkannya dalam sebuah pernyataan yang diberi nama Deklarasi Bima. Pada saat berdiri, memiliki anggota sejumlah 12 orang yang mewakili berbagai elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Bima seperti LSM, unsur Perguruan Tinggi, anggota DPRD, tokoh masyarakat, dan unsur Pemerintah Daerah.

Dalam rencana kegiatan dalam 1 tahun pertama ini, KBP juga akan melakukan kajian tentang kemiskinan di Kabupaten Bima. Kegiatan ini meliputi koleksi data sekunder, mengkaji penyebab utama kemiskinan melalui diskusi, membuat kesimpulan dan mencari solusi yang paling efektif dalam penanggulangan kemiskinan. KBP juga akan melakukan monitoring terhadap pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan khususnya P2KP. Hasil monitor dan kunjungan lapangan, akan didiskusikan dengan pihak terkait, kemudian memberikan respon dan rekomendasi sejalan dengan pelaksanaan kegiatan.

Di samping itu, sebagai langkah strategis untuk membangun kepedulian berbagai pihak, KBP akan melakukan sosialisasi dan publikasi kegiatan melalui berbagai media yang ada di Kabupaten Bima. Untuk mengetahui perkembangan kegiatan dari waktu ke waktu, KBP selaku organisasinya para Relawan, akan menyusun naskah hasil kegiatan dan evaluasi di tiap semester. Minggu lalu, KBP Kabupaten Bima berkesempatan berdiskusi mengenai berbagai hal tentang P2KP dengan Tim Supervisi Bersama yang terdiri dari Jana (World Bank), Ester (Bappenas), Ismail (Bangda), Lita Matongan (Kimpraswil) serta Hari Purnomo dari KMP P2KP. (Bima, 31 Januari 2005; Ali Hanafiah; Korkot 4 KMW 10 2/1; edit: Yanti)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.