Beranda Warta Berita KMW 8 Masuki Siklus Pelatihan Dasar BKM

KMW 8 Masuki Siklus Pelatihan Dasar BKM

Comments (0) View (1557)

P

PELATIHAN dasar bagi anggota BKM dilaksanakan di wilayah KMW 8 (2/1) di 2 kelurahan/desa yakni Kelurahan Sidenre dan Desa Bungungloe. Pelatihan yang dilakukan secara bersamaan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Jeneponto, H. Syamsuddin Zainal di Aula Kantor Bupati, Kamis, 24 Februari 2005. Turut hadir dalam pembukaan tersebut yakni Kepala Bappeda Jeneponto, Ir. M. Rusdi, MS; beberapa anggota KBP; Kepala Desa dan Lurah; Korkot 2 Jeneponto-Bantaeng serta TL dan TA KMW 8.
 
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Jeneponto menyatakan bahwa anggota BKM sebagai orang yang dipercaya, diharapkan benar-benar mampu memperjuangkan aspirasi, kebutuhan dan kepentingan seluruh warga, terutama yang miskin sehingga masyarakat dapat termotivasi untuk secara sukarela terlibat aktif dan intensif dalam setiap proses pengambilan keputusan dan kebijakan. Wakil Bupati juga menyebutkan bahwa penanggulangan kemiskinan bukan semata urusan pemerintah melainkan urusan semua pihak. Karena itu, diperlukan komitmen bersama untuk mengatasi kemiskinan secara tepat, terpadu dan berkesinambungan.

Sebelum pelatihan, TL KMW 8 sempat melakukan dialog dan diskusi bersama seluruh peserta tentang esensi dan peran yang diharapkan dari anggota BKM. Selain itu, meski telah dilaksanakan sebelumnya, sempat pula dilakukan refleksi atas proses pemilihan anggota BKM serta keterkaitan antara setiap siklus dalam P2KP dan hubungannya dengan pembangunan partisipatif.

Pelatihan dasar BKM ini merupakan pelatihan pertama di wilayah KMW 8 yang berlangsung selama 4 hari dengan diikuti oleh 25 peserta, masing-masing 13 orang anggota BKM Desa Bungungloe, 9 orang anggota BKM Kelurahan Sidenre dan 3 orang dari aparat desa dan anggota KBP. Pelatihan dipandu oleh Tim Faskel Kecamatan Turatea dan Kecamatan Sidenre yang didampingi langsung oleh TA Training KMW 8, Dr. Aksan. (TA Sosialisasi KMW 8 P2KP 2/1; Yanti)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.