Beranda Warta Berita Serentak di UPP 2, Pelatihan SIM Offline-Online

Serentak di UPP 2, Pelatihan SIM Offline-Online

Comments (0) View (1244)

S

SISTEM Informasi Manajemen (SIM) P2KP secara umum adalah pusat layanan informasi dan komunikasi yang berkesinambungan, seluasnya bagi para pelaku di seluruh UPP dan bagi masyarakat. Selain itu, fungsi SIM secara khusus adalah sebagai salah satu bahan untuk melakukan penilaian kinerja pelaku dan efektivitas pelaksanaan kegiatan di lapangan.

KMP sebagai penanggung jawab SIM mempunyai tugas untuk mengumpulkan data, entri data ke dalam aplikasi, verifikasi, validasi dan analisis data, di mana data-data tersebut diperoleh dan diolah dari KMW yang juga mempunyai tugas sebagai pelaksana pengumpulan data, entri data ke dalam aplikasi, verifikasi dan validasi data yang ada di satuan wilayah kerjanya masing-masing.

Konsekuensi dari hal tersebut adalah dibutuhkannya pelaku-pelaku SIM di tingkat KMW yang memahami siklus proyek dan mampu menggunakan aplikasi yang tersedia, sehingga kebutuhan akan adanya data-data yang up to date dan valid dapat terpenuhi. Maka dari itu, KMP dirasa perlu untuk mengadakan pelatihan bagi para pelaku SIM di lapangan agar aplikasi-aplikasi yang ada dapat dipahami dan digunakan dengan benar di dalam pelaksanaannya.

Penyelenggaraan pelatihan SIM ini dimaksudkan agar pelaku SIM dapat memahami posisi SIM di P2KP secara utuh serta mampu mengoperasikan SIM, yang secara lebih detail dijelaskan sebagai berikut: (1) Dipahaminya konsep SIM P2KP; (2) Dipahaminya peran, tugas dan fungsi SIM dalam P2KP; (3) Dipahaminya Standar Operasional Prosedur SIM yang ada; serta (4) Meningkatkan kemampuan teknis dalam pengoperasian aplikasi SIM.

Sedangkan output yang diharapkan dari pelatihan SIM ini adalah: (1) Peserta mampu memahami peran, tugas dan fungsi SIM dalam P2KP; (2) Peserta mampu melaksanakan teknis pengoperasian SIM sesuai Standar Operasional Prosedur; (3) Peserta mampu menggunakan/mengoperasikan aplikasi-aplikasi SIM yang ada.

Untuk outcome yang diharapkan dari output pelatihan SIM ini dijelaskan sebagai berikut: (1) Terkumpulnya 'data base' hasil kegiatan lapangan; (2) Dijadikannya informasi SIM sebagai acuan pengendalian kegiatan di lapangan; (3) Adanya laporan progress kegiatan di lapangan.

Pelatihan SIM P2KP ini akan dilaksanakan secara serentak bagi seluruh KMW UPP 2 pada minggu ke-2 Maret 2005, mulai 6 Maret hingga 12 Maret 2005. Untuk mengoptimalkan sumberdaya pelatih SIM, maka beberapa KMW yang berdekatan, pelaksanaan pelatihan dilakukan bersama-sama pada satu tempat. KMW yang akan digabung dalam pelatihan SIM ini adalah KMW 1 dan 2 di Pontianak, 3 dan 4 di Banjarmasin, 7 dan 8 di Makassar, 11 dan 12 di Bandung, 15 dan 16 di Surabaya, serta KMW 15 dan 16 di Surabaya.

Sedangkan untuk peserta pelatihan SIM P2KP ini adalah para Asmandat (Asisten Database Manajemen) dan para Fasilitator. Seperti diketahui, Asmandat akan diberi tugas melaksanakan perekaman data SIM melalui aplikasi SIM Offline dan (sebagian) SIM Online, sedangkan para Fasilitator akan melaksanakan perekaman data SIM melalui aplikasi SIM Online.

Pelatihan SIM P2KP adalah pelatihan teknis (keterampilan). Oleh karena itu, para pelatih dipilih dari para pelaku P2KP yang memiliki latar belakang ‘IT’ ataupun yang sudah sangat memahami seluk beluk menggunakan komputer dan internet. Namun demikian menambah wawasan umum bagi para peserta pelatihan tentang P2KP tetap diperlukan. Oleh karena itu Fasilitator Pelatihan ini untuk setiap kelasnya terdiri dari 1 orang pelatih SIM dan 1 orang pendamping (Substansi).

Para pelatih SIM P2KP ini sendiri terdiri dari Sutadi Slamet, Dedy Yuliatso, Yoyok Yusuf, Adih, Sugiarto, Syaiful Anwar dan Otto Jefri Simanjuntak. Sedangkan para pendamping pelatihan SIM P2KP ini diutamakan adalah salah satu TA KMW yang bersangkutan yang paling menguasai substansi P2KP. Untuk itu dipertimbangkan memilih TA Monev KMW, atau yang lainnya. Dengan pertimbangan demikian maka pendamping pelatihan SIM ini adalah Gunoro (KMW 1 dan 2); Isgiarto (KMW 3 dan 4); Jufri (KMW 5); Dwia dan Didi R. (KMW 7 dan 8); Rikawanto (KMW 10); Ifan dan Marnia (KMW 11 dan 12); Ishak Nur (KMW 9); Bagus dan Ario (KMW 15 dan 16); Ahlis Djirimu (KMW 6) serta Suseno dan Sutopo (KMW 13 dan 14).

Pelatihan SIM P2KP masing-masing KMW ini akan dilaksanakan selama 3 hari. Lokasi pelatihan dan berbagai kebutuhan penunjang pelatihan diharapkan dapat disediakan oleh pihak manajemen KMW masing-masing. Ketersediaan fasilitas internet menjadi salah satu persyaratannya. Untuk praktek pelatihan SIM Online direncanakan akan menggunakan Warnet terbaik di kota tempat pelatihan diselenggarakan.

Metoda pembelajaran menggunakan metoda pelatihan partisipatif, antara lain dengan curah pendapat, praktek dan penugasan. Media atau alat bantu yang digunakan dalam pelatihan ini adalah: (1) Untuk hari pertama, diperlukan sejumlah komputer (PC/notebook) sesuai dengan peserta atau sekurang-kurangnya satu komputer untuk dua orang, menggunakan sarana komputer yang dimiliki oleh KMW, format aplikasi SIM P2KP serta CD aplikasi SIM; (2) Untuk hari kedua diperlukan Warnet dengan menyewa seluruh workstation selama satu hari. Sementara untuk materi pelatihan SIM P2KP secara umum terdiri dari konsep dasar P2KP, konsep SIM, format data SIM, pengoperasian SIM, pemanfaatan internet, penanganan ‘trouble shooting’.

Pelaksanaan pelatihan SIM P2KP menjadi tanggung jawab bersama antara KMP dan KMW. Tugas penyelenggaraan pelatihan di KMW akan dikoordinasikan KMP regional setempat. Pembiayaan kegiatan ini terdiri dari dua jenis. Pertama, pembiayaan tim pelatih yang berasal dari KMP dibiayai oleh KMP. Kedua, pembiayaan untuk peserta dan pelaksanaannya dibebankan kepada KMW masing-masing. Adapun pembiayaan pelatihan yang menggabungkan 2 KMW diserahkan sepenuhnya ke KMW berdasarkan kesepakatan bersama. Untuk evaluasi dan pelaporan kegiatan pelatihan ini dilakukan oleh pihak KMW yang diharapkan selesai paling lambat seminggu setelah pelatihan ini serta segera dikirimkan ke KMP. (Sumber: TOR Pelatihan SIM P2KP; Yanti)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.