Beranda Warta Berita Semangat, Kadokan Terima P2KP

Semangat, Kadokan Terima P2KP

Comments (0) View (1125)

S

SETELAH melakukan serangkaian sosialisasi di tingkat RT, PKK dan pertemuan warga lainnya, pada Jumat, 4 Februari 2005 pukul 20.00 WIB, dipimpin oleh Ketua LPM, masyarakat Kadokan menyepakati untuk menerima P2KP dengan segala konsekuensi dan tanggungjawab yang melekat di dalamnya. Patut diacungi jempol, masyarakat Kadokan dengan pola pikir yang relatif sederhana, mampu mengadopsi segala informasi tentang P2KP dengan pemahaman yang sangat baik. Ini juga tidak terlepas dari kepiawaian Pak Lurah Kadokan dalam melakukan transfer informasi kepada warganya.

Lurah Kadokan telah membuktikan bahwa program P2KP, yang menurut sebagian orang mempunyai siklus yang sangat rumit dan panjang, bisa disampaikan dengan sederhana, tanpa lepas dari substansinya. Kata kunci yang dipegang teguh oleh Lurah dalam menghadapi warganya adalah sabar dan telaten serta menggunakan bahasa yang sederhana. Bahkan, terkadang juga harus menggunakan bahasa Jawa mlipir/kromo inggil.

Mungkin, ini juga bisa menjadi catatan bagi para Faskel untuk tidak sering/banyak menggunakan istilah asing/adopsi dalam bahasa asing yang justru membuat bingung masyarakat yang notabene masih berpola pikir sederhana. Meski, istilah-istilah tersebut banyak ditemukan dalam konsep P2KP, seyogyanya mencoba mentransformasikannya dalam bentuk yang sederhana.

Dari perbincangan Tim Faskel 3 Sukoharjo dengan Lurah dan Aparat, dapat dipetik satu cerita yang menarik tentang proses pelaksanaan P2KP, khususnya hingga tahap RKM (Rembug Kesiapan Masyarakat) di Kadokan. Setelah mengikuti lokakarya tingkat kabupaten dan kecamatan, Lurah dan beberapa orang yang ikut dalam lokakarya tersebut, membentuk satu Tim Sosialisasi yang terdiri dari Lurah, Bayan 1 dan 2, Sekdes, Ketua LPM dan beberapa pengurus LPM. Tim Sosialisasi kelurahan bekerja sama dengan Tim Faskel berbagi tugas untuk sosialisasi di masing-masing RT yang jumlahnya 21.

Sebelum sosialisasi tingkat RT, Tim Sosialisasi dibekali oleh Lurah dibantu Tim Faskel tentang P2KP dengan harapan agar tidak terjadi pemahaman yang salah dalam penerapannya di lapangan. Masing-masing Bayan bertanggung jawab terhadap hal-hal teknis yang berkaitan dengan warga di tingkat kabayanan, yaitu mengajak warga untuk berkumpul, menyiapkan berkas-berkas sosialisasi dan RKM serta menjadi ‘pusat informasi’ bagi warga, Aparat dan Tim Faskel.

Melalui alur yang sederhana tetapi cukup sistematis, masyarakat Kadokan, temasuk para Relawan yang telah mendaftar sejumlah 65 orang, telah sampai pada tahap Rembug Kesiapan Masyarakat serta siap menerima P2KP dengan segala konsekuensinya.

Atas apresiasi yang begitu tinggi dari segenap warga Kadoka, berikut ilustrasi yang disampaikan Tim Faskel 3 Sukoharjo tentang Kadokan. “Kadokan, pondasimu telah berdiri, siap menyangga, tempat berteduh bagi semua warga. Semoga, tiang-tiang yang akan kau tancapkan, semakin memperkokoh bangunannya. Waktu telah menunggu, guyup rukun semua warga. Jangan sekedar obor-obor blarak, namun, satukan semangat dengan detak nadi. Wujudkan griya impian, di mana di dalamnya tidak ada lagi isak tangis karena kelaparan, duka cita karena tidak bisa mengenyam pendidikan, kepedihan karena seorang diri. Ada banyak saudara di sekitar kita, yang peduli dan punya cinta. Mari, payungi atapnya dengan kebersamaan dalam kemandirian.” (Tim Faskel 3 Sukoharjo, KMW 14 P2KP 2/2; Yanti)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.