Beranda Warta Artikel KBP Banyumas : Tetap Berikan Yang Terbaik

KBP Banyumas : Tetap Berikan Yang Terbaik

Comments (0) View (1945)

K

KBP Kab. Banyumas digagas sebagai upaya untuk memotori kegiatan Komite Penanggulangan Kemiskinan Daerah (KPK-D). Selanjutnya, KBP juga diharapkan akan ikut mendorong tumbuhnya KBK (komunitas Belajar Kelurahan) sebagai sebuah media yang akan melakukan inisiasi pembelajaran dari seluruh komponen masyarakat tentang bagaimana penanggulangan kemiskinan (nangkis) itu dilakukan.

Pada saat pembentukan KBP, diharapkan yang terlibat adalah semua kalangan baik warga individu, swasta, LSM, dan para pengambil kebijakan yang ada di dinas-dinas. Namun sampai saat ini, belum ada satupun pejabat dari dinas yang ada di Kabupaten Banyumas terlibat aktif dalam KBP. Tentunya hal tersebut sangat disayangkan sekali.

Namun tanpa kehadiran para pejabat dinas tersebut, KBP Banyumas tetap berupaya melakukan kegiatan terbaik guna mendukung proses penanggulangan kemiskinan. Untuk itu, KBP mencoba melakukan perubahan paradigma kegiatan dengan menggunakan konsep-konsep yang sedang dikembangkan P2KP dengan tujuan membentuk pemahaman bahwa :
 
• Penanggulangan kemiskinan harus Inklusif, jadi siapapun dapat memberikan kontribusinya;
• Penanggulangan kemiskinan harus menjadi agenda bersama;
• Penanggulangan kemiskinan harus melibatkan berbagai pihak/partisipatif (bottom up) yang tidak hanya jargon saja tetapi harus implementatif;
• Penanggulangan kemiskinan harus menyelesaikan akar permasalahan dari seluruh dimensi;
• Penanggulangan Kemiskinan harus menjadi gerakan transformasi sosial.

Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh KBP Banyumas antara lain menjadi pelatih tamu pada pelatihan pra pengabdian BKM. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar KBP lebih dikenal oleh pelaku P2KP di desa, khususnya para anggota BKM yang baru. Selain itu juga untuk menumbuhkan kompetensi warga tentang sikap kerelawanan bagi siapapun yang terlibat dalam kegiatan penanggulangan kemiskinan.

Kegiatan lain yang dilakukan oleh Anggota KBP yaitu menjadi pelatih dalam pelatihan Alokasi Dana Desa (ADD) yang diikuti para aparat desa se-Kab. Banyumas. Tujuan dari keterlibatan KBP dalam pelatihan ini adalah agar KBP dapat berpartisipasi dalam penyampaian kebijakan pemanfaatan alokasi dana desa untuk pembangunan desa dan penanggulangan masalah kemiskinan. Selain itu dengan menjadi fasilitator pelatihan penggunaan dana masyarakat maka nilai-nilai P2KP dan prinsip kemasyarakatannya dapat mewarnai kegiatan pelatihan tanpa harus menyebut P2KP.

Dengan bentuk-bentuk kegiatan tersebut, KBP Banyumas mencoba mentransformasikan nilai dan prinsip penanggulangan kemiskinan yang termuat dalam P2KP pada program pembangunan lainnya. Harapannya adalah, KBP akan mampu menggalang gerakan penaggulangan kemiskinan dengan nilai dan prinsip kebenaran universal, sebagaimana yang ada dalam desain P2KP.(Koord. KBP Kab. Banyumas, P2KP 2/2;USK Sosialisasi KMP/fajar)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.