Beranda Warta Artikel KBP Kebumen Sebagai Motor Pembangunan Partisipatif

KBP Kebumen Sebagai Motor Pembangunan Partisipatif

Comments (0) View (2198)

K

Komunitas Belajar Perkotaan (KBP) Kota Kebumen telah melakukan sejumlah kegiatan baik di tingkat desa/kelurahan maupun kota. KBP Kebumen yang dideklarasikan pada 26 November 2004 dengan keanggotaaan dari berbagai stakeholder ini menunjukkan diri sebagai salah satu motor pembangunan partisipatif.

Sebagai langkah awal memperjelas orientasi gerakan pembelajaran, KBP Kebumen melakukan studi banding ke Condong Catur. Tempat ini dipilih karena telah berhasil meraih program paket dimana syaratnya adalah adanya sinergi kelembagaan P2KP, yaitu antara BKM, KSM dengan pemerintah daerah. 

Belajar dari pengalaman tersebut, KBP Kebumen segera melakukan konsolidasi anggota guna melakukan kegiatan pendampingan terhadap pelaksanaan siklus P2KP di Kebumen.

Kegiatan yang menjadi prioritas pendampingan oleh KBP adalah Refleksi Kemiskinan (RK) dan Pemetaan Swadaya (PS). Kegiatan ini didampingi secara maksimal, karena data ini akan digunakan KBP untuk mendorong perencanaan KPKD dalam menyusun SPKD. 

Tidak hanya sebagai dasar penyusunan SPKD, KBP juga mendorong program lain yang berkaitan dengan penanggulangan kemiskinan berbasis pada data RK dan PS yang sudah dilakukan masyarakat. Contohnya, penyaluran dana kompensasi BBM menggunakan data KK miskin yang dilakukan masyarakat dalam P2KP. 

KBP juga ikut aktif mendorong BAPPEDA agar kriteria kemiskinan dan ciri kemiskinan—yang sudah dirumuskan masyarakat dengan sample 65 desa sasaran P2KP—bisa menjadi kriteria dan ciri kemiskinan di Kabupaten Kebumen. 

Untuk memperkuat kegiatan penggunaan data tunggal penduduk miskin dari hasil PS dan RK warga tersebut, KBP juga merencanakan lokakarya hasil PS dan RK di tingkat Kabupaten. Dengan kegiatan lokakarya tersebut, sosialisasi dan desiminasi tentang pentingnya kejelasan data miskin melalui penggunaan sumber data tunggal—yaitu hasil RK dan PS—mulai dirintis.

Itulah beberapa kegiatan KBP Kebumen dalam rangka mendorong pembangunan partisipatif, sebagai wujud sinergisme masyarakat dengan pemerintah.(Penulis: Bekti Hidayat, Koordinator KBP Kebumen; USK Sosialisasi KMP/nina)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.