Beranda Warta Artikel Kebersamaan, Kunci Penanggulangan Kemiskinan (Bag. 1)

Kebersamaan, Kunci Penanggulangan Kemiskinan (Bag. 1)

Comments (0) View (1651)

C

Cita-cita mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan, bukan hanya terletak pada puncak pemerintahan saja. Tapi juga menjadi tanggung jawab seluruh rakyat dan segala lapisan masyarakat. Kemiskinan hadir di banyak tempat, baik di perkotaan maupun di pedesaan, dan melibatkan seluruh aspek kehidupan.

Kemiskinan merupakan salah satu masalah klasik yang dihindari masyarakat. Tapi, kehadirannya justru tidak disadari oleh yang bersangkutan, karena mereka telah berada di dalam kemiskinan itu sendiri. Lebih ironis lagi, kemiskinan tampaknya tidak dianggap sebagai masalah masyarakat bersama. Akibatnya, misi menanggulangi kemiskinan itu sendiri sulit tercapai. Maka, dibutuhkan kesadaran bersama seluruh masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan. Sedangkan faktor utama dalam mewujudkan kebersamaan ini terletak pada manusianya.

Tepat kiranya bila program penanggulangan kemiskinan berpusat pada pembangunan manusia. Karena, pada umumnya manusia mempunyai kemampuan mengembangkan dan membangun dirinya, serta lingkungan sekelilingnya. Nampak sekali di sini, manusia menjadi faktor penentu dalam upaya pembangunan masyarakat perkotaan maupun pedesaan di segala bidang kehidupan, untuk mewujudkan civil society.

Civil society adalah himpunan masyarakat yang diprakarsai dan dikelola secara mandiri oleh warga, secara damai berupaya memenuhi kebutuhan dan kepentingan bersama. Memecahkan persoalan dengan tetap menghargai hak orang lain untuk berbuat yang sama dan tetap mempertahankan kemerdekaannya (otonomi) terhadap institusi negara, keluarga, agama, dan pasar. Secara singkat, seringkali dirumuskan sebagai organisasi warga yang posisinya berada di antara keluarga dengan negara.

Ciri utama warga adalah, adanya kesetaraan dimana masyarakat terbentuk sebagai himpunan yang setara. Tiap warga berhimpun secara proaktif yaitu dengan mempertimbangkan aspek sebelum bertindak, karena adanya ikatan kesamaan, antara lain kepentingan, persoalan, tujuan, dan sebagainya.

Tiap orang atau warga berhimpun secara suka rela dan bukan karena terpaksa atau karena adanya paksaan. Membangun semangat saling percaya, bekerja dalam kemitraan, dan secara damai memperjuangkan berbagai hal, termasuk menanggulangi kemiskinan. Selalu bersikap menghargai keragaman dan hak azasi manusia sebagai dasar membangun sinergi. Menjunjung nilai-nilai demokrasi dalam setiap keputusan yang diambil. Selalu mempertahankan otonomi atau kemerdekaan dari berbagai pengaruh kepentingan, serta mampu bekerja secara mandiri.

 
Warga setempat—baik secara keseluruhan maupun dalam arti himpunan atau paguyuban—selalu memiliki kemerdekaan tersendiri. Tidak ada yang diwakilkan karena tiap warga mewakili diri sendiri. Semua berada dalam kesetaraan, meskipun mungkin saja profesi sehari-hari mereka berlainan—kepala sekolah, buruh tani, nelayan, guru, kepala desa, pemuka agama, tukang cukur, pembantu rumah tangga, dokter, tentara, pengacara, pemulung, dan sebagainya—namun, dalam himpunan kedudukan mereka setara. (bersambung…)

(Penulis: Kasan Pribadi, Askot IV KMW V, P2KP 2/1; nina)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.