Beranda Warta Artikel KBP Kendari Fasilitasi Pembentukan F-BKM

KBP Kendari Fasilitasi Pembentukan F-BKM

Comments (0) View (1724)

K

Kota Kendari membentuk Forum Badan Keswadayaan Masyarakat (F-BKM) melalui sebuah acara yang difasilitasi oleh Komunitas Belajar Perkotaan (KBP) Kota Kendari bekerjasama dengan KMW dan Koorkot 1 P2KP Sulawesi Tenggara (Sultra). Pembentukan ini merupakan salah satu agenda BKM Kendari yang dituangkan dalam Rencana Kegiatan Tindak Lanjut (RKTL) peserta KBP, khususnya anggota BKM.

Sebelumnya, para anggota BKM memandang perlu adanya sebuah forum guna meningkatkan jaringan kerjasama, tukar informasi dan koordinasi antar BKM. Forum ini akan bersifat fungsional, koordinatif, non-partisan, pengambilan keputusan secara kolektif, dan non-profit.

Berkaca dari pengalaman, misalnya mengenai penggunaan dana BLM. Setiap BKM memiliki kemampuan dan pemahaman yang berbeda tentang penyusunan laporan pertanggungjawaban dana BLM tahap I dan penyusunan proposal pencairan BLM tahap II. Perbedaan ini menyebabkan BKM di Kendari mendambakan adanya kebersamaan dalam saling tukar informasi dan pengalaman antar BKM. Lahirlah ide membentuk suatu forum yang dapat menyatukan semua BKM di Kota Kendari.

Proses berdirinya F-BKM diawali dengan sejumlah pertemuan anggota BKM dalam wadah KBP Kota Kendari. Kemudian, melalui diskusi panjang dan terjadwal pada pertemuan rutin KBP di Aula Kantor Bappeda Provinsi Sultra, difasilitasi oleh KMW dan Koorkot 1 P2KP. Hasilnya, F-BKM Kota Kendari lahir pada Senin (7-12-2005).

Pembentukan F-BKM Kota Kendari itu terdiri atas 2 tahap. Pertama, pembahasan aturan dan tata tertib pembentukan dan pemilihan koordinator F-BKM. Kedua, proses pemilihan ditandai dengan Berita Acara Pembentukan F-BKM yang ditandatangani masing-masing utusan BKM, dan diketahui Penanggung Jawab Operasional Kegiatan (PJOK) P2KP Kota Kendari.

Adapun mekanisme pemilihan koordinator F-BKM Kota Kendari disepakati, setiap utusan BKM dapat memilih maksimal 3 orang utusan BKM yang dianggap memiliki kapasitas sebagai Koordinator F-BKM serta konsekuen pada prinsip dan nilai yang menjadi dasar pembentukan BKM.

Melalui hasil pemungutan suara secara langsung, bebas dan rahasia, terpilih Hamdani Piabang SE (Koordinator BKM “Teporumbu” Kelurahan Tobuha, Kecamatan Mandonga) sebagai Koordinator F-BKM Kota Kendari, dengan jumlah suara 17 pemilih. Sedangkan jumlah perolehan suara calon lainnya dari utusan yang dipilih secara partisipatif—tanpa pencalonan atau pun kampanye—adalah Taufik Saranani (BKM ”Karya Bersama”, Keluahan Mandonga) dengan jumlah suara 9,  dan Rahmad Ali SP (BKM ”Wonua Morini”, Kelurahan Anggoeya) dengan jumlah suara 8.

Kemudian, TA Monev KMW IX P2KP Sultra, Ir Haeruddin, mengingatkan koordinator dan semua anggota akan visi dan misi F-BKM. Selain itu Haeruddin berpesan, F-BKM Kota Kendari adalah suatu forum rembug dari BKM-BKM di Kota Kendari yang peduli dengan usaha untuk memperkuat kapasitas dan daya tawar masyarakat miskin, demi terwujudnya upaya penanggulangan kemiskinan yang mandiri, berbasis masyarakat miskin (grassroot) dan berkelanjutan (sustainable).

Pesan selanjutnya disampaikan Korkot 1 P2KP Sultra, Ir MRR Garetha Pantjawati, yang juga bertindak sebagai penanggung jawab langsung kegiatan P2KP di Kota Kendari. Garetha mengingatkan, Forum BKM tidak dimaksudkan untuk men-subordinasi BKM yang ada di Kota Kendari. Tidak pula upaya eksklusifisme pengurus forum BKM. Melainkan lebih pada penguatan kapasitas serta memperjuangkan kepentingan bersama BKM.

Secara kelembagaan, F-BKM ini diupayakan hadir untuk memperkuat daya dan kesadaran kritis serta posisi tawar masyarakat miskin, dengan terus menerus membangun dan memperkuat masyarakat miskin serta institusi masyarakat ke arah yang lebih kuat. Sehingga mampu berperan sebagai pelaku utama pembangunan lokal, melakukan chanelling dan mampu melakukan kontrol sosial terhadap penyelenggaraan pelayanan umum. (Fajar Bachtiar, Asmandat KMW 9, P2KP 2/1; nina)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.