Beranda Warta Cerita Mbok Timbrung

Mbok Timbrung

Comments (0) View (1183)

D

DUKUH SUMBER REJO, merupakan salah satu bagian kecil dari Desa Sumber Agung, yang terletak di antara perbatasan Kecamatan Klego dan Andong. Mungkin, para Pembaca akan mengira bahwa Desa Sumber Rejo adalah desa yang ramai dan penuh dengan sumber daya. Namun kenyataannya, tidaklah demikian.

Sisi lain yang nampak, Desa Sumber Rejo menunjukkan kegersangan dan keterbelakangan. Rata-rata penduduknya yang masih lugu dan bersahaja. Salah satu contoh adalah keluarga Mbok Timbrung yang seorang janda tua dengan tanggungan seorang anak cacat mental dan satu cucu yang harus ditanggung biaya hidupnya.

Selain itu, kondisi kemiskinan Mbok Timbrung juga bisa dilihat atas rumah gubuk yang didiaminya, berdiri di atas tanah yang bukan miliknya. Atas kebaikan hati seorang tetangga, maka Mbok Timbrung diijinkan menumpang dengan mendiami tanah tersebut, untuk sekedar berteduh dan tinggal.

Sehari-hari, Mbok Timbrung bekerja membuat tempe dan menjualnya ke pasar untuk memperoleh penghasilan guna menyambung hidupnya. Meskipun dengan modal yang sangat kecil yakni sebatas bisa membeli 4 kg kedelai untuk sekali produksi, ia berusaha mempertahankan hidupnya plus keluarga yang ditanggungnya.

Ada hal yang memprihatinkan, ketika penulis menanyakan, apakah Mbok Timbrung mengikuti kegiatan bermasyarakat, sosok wanita tua ini mengatakan, tidak, sebab dirinya merasa malu atas kondisinya saat ini yang miskin, jelek, dan kotor.

Rendah diri yang dialami Mbok Timbrung ini, nampaknya merupakan kendala utama berinteraksi dengan sekitarnya bagi warga miskin. Sebagai seorang Fasilitator, kami hanya bisa berharap, semoga di kemudian hari, ada secercah cahaya yang bisa melepaskan Mbok Timbrung dari permasalahan kemiskinan dan rasa rendah dirinya. Dan semoga pula, kita menjadi semakin peduli, bahwa, masih banyak Mbok Timbrung-Mbok Timbrung lain di negeri ini yang membutuhkan uluran tangan kita.

(Penulis: Tim Faskel 12 Kecamatan Klego Boyolali, KMW 13 Magelang; Yanti)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.