Beranda Warta Cerita Dapat Kerja, Pasca Ikut Pelatihan P2KP

Dapat Kerja, Pasca Ikut Pelatihan P2KP

Comments (0) View (1609)

C

Cecep (22) dan Arief Gunawan (22), dua pemuda Desa Pakemitan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya benar-benar bersyukur kepada Allah SWT. Bagaimana tidak, do’a mereka agar segera memperoleh pekerjaan sudah dikabulkan-Nya. Dan P2KP, tepatnya pelatihan keterampilan yang dilaksanakan KSM setempat, menjadi perantara mereka dalam keberhasilan meraih pekerjaan tersebut.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Allah, dengan adanya program P2KP saya tidak menganggur lagi,” kata Cecep dan diiyakan oleh Arief. Setelah memperoleh keterampilan dari kegiatan pelatihan seni menyusun mosaik batu alam, Cecep dan Arief kini bekerja di perusahaan mosaik batu alam milik Nispu Yudha Nugraha yang berlokasi di Kebon Suuk RW 04 Desa Pakemitan. Penghasilan Cecep dan Arief masing-masing mencapai Rp 120.000 per minggu.

Ketika masih menganggur, mereka mengaku sudah sering mencari pekerjaan ke mana-mana, tapi hal itu ternyata tidak mudah. Suatu hari Cecep kedatangan tetangganya. Lalu dia ditawari mengikuti kegiatan pelatihan keterampilan program P2KP. “Gimana, mau nggak ikut pelatihan? Setelah  pelatihan nanti diusahakan pekerjaan,” tanya si tetangga. Tanpa berpikir panjang lagi, Cecep langsung menerima tawaran tetangganya.

Selanjutnya Cecep, Arief, dan sejumlah peserta lainnya mengikuti pelatihan seni menyusun mosaik batu alam yang diselenggarakan KSM setempat. Mereka dilatih oleh instruktur yang sudah berpengalaman selama sekitar 10 hari. Di tiga hari pertama, Cecep dan peserta lain mengaku mengalami kesulitan dalam belajar menyusun mosaik batu alam. Namun, dengan semangat tinggi, ketekunan, dan keuletan belajar, mereka mampu menguasai keterampilan seni menyusun mosaik batu alam.

Manfaatnya jelas terlihat, Cecep dan yang peserta lainnya kini tidak menganggur lagi. Cecep dan Arief berharap ada lagi pelatihan sejenis yang dapat diikuti oleh kawan-kawan mereka yang hingga kini masih menganggur. Sumber tulisan: Media Warga Desa Pakemitan dan Senior Fasilitator Rahmat Gunarto. (Wawan Priatna, TA Monev KMW XII, P2KP 2/2; nina)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.