Beranda Warta Berita Keberhasilan Faksel Bisa Diukur dari PJM-nya

Keberhasilan Faksel Bisa Diukur dari PJM-nya

Comments (0) View (1349)

PMU Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) dari Departemen Kimpraswil, Ir. Dany Sutjiono, CES., dalam pengarahannya di depan peserta acara Koordinasi Konsultan Manajemen Pusat (KMP) dan Coaching Tim Inti Pemandu/Instruktur P2KP Tingkat Nasional, di Jakarta, Kamis (8 Juli 2004) mengaku kecewa karena penyusunan PJM Pronangkis tidak sesuai harapan. Padahal, seperti namanya, PJM Pronangkis adalah program jangka menengah program penanggulangan kemiskinan. "Dengan program itu sebenarnya kita berharap kemiskinan di suatu daerah bisa tertanggulangi. Nyatanya tidak," kata Dany dengan suara mantap.

Ia melihat, selama ini masih ada yang menganggap PJM Pronangkis hanya sebagai PO untuk  melaksanakan BLM. Namanya PJM, tapi isinya sekedar petunjuk pelaksanaan BLM. "Jangan berat di nama yang keren, sementara isinya tidak demikian," katanya mengkritik. Karena itu, Dany meminta agar para faskel bisa mendampingi BKM selama pembuatan PJM Pronangkis.

Pendampingan ini sangat penting karena PJM Pronangkis kelak menjadi acuan BKM dalam melaksanakan program-program penanggulan kemiskinan untuk jangka menengah. Dany juga berharap, nantinya dana yang dikeluarkan untuk PJM Pronangkis hanyalah sebagai simulan saja, yang nantinya mesti didukung oleh pihak Kimpraswil untuk program-program pengadaan prasarana, serta oleh pihak perbankan untuk program-program yang menyangkut pengadaan dana. Untuk itu semua, peran faskel dalam pendampingan BKM sangat penting dan dapat diuji. "Keberhasilan faksel diukur oleh sejauhmana PJM dijadikan pemicu dana-dana dari pihak lain," tutur Dany yang meminta agar apa yang telah disampaikannya kepada seluruh peserta dijadikan sebagai acuan. (at/ww)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.