Beranda Warta Berita Sosialisasi P2KP Melalui Pameran Pembangunan Kabupaten Barito Utara

Sosialisasi P2KP Melalui Pameran Pembangunan Kabupaten Barito Utara

Comments (0) View (1355)

P2KP ini bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat ya? Sudah sampai di mana perkembngannya?,” demikian Bupati Barito Utara, Ir. HA. Yuliansyah yang didampingi jajaran Muspida bertanya kepada koordinator Kota KMW III di Kabupaten Barito Utara, Budi Yana Saefullah, S.Ag., ketika menghadiri stand P2KP usai meresmikan pembukaan pameran pembangunan Kabupaten Barito Utara, Selasa (10/8). Acara tersebut juga dihadiri Camat Teweh Tengah, Very Kusmiadi, SE.

Pada kesempatan itu, Budi menjelaskan kepada Bupati dan jajaran Muspida mengenai dokumentasi foto kegiatan yang ada di stand P2KP sebagai gambaran kegiatan yang sudah dilaksanakan. Ia juga menjelaskan beberapa hal seperti: film P2KP yang ketika itu sedang ditampilkan sebagai acuan pengalaman P2KP 1 di Pulau Jawa, serta visi-misi dan siklus tahapan P2KP secara keseluruhan beserta perkembangan terakhir kegiatan P2KP yang sedang berlangsung di Kabupaten Barito Utara. Budi juga memberikan buku  “Pesona Teweh Tengah” yang sudah disediakan pihak Kecamatan Teweh Tengah dan sejenis komik kepada Bupati serta jajaran Muspida sebagai media sosialisasi tentang P2KP.

Pameran Pembangunan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, berlangsung sejak 10 hingga 18 Agustus di depan halaman kantor bupati Barito Utara dan Stadion Tiara Batara. Pameran ini memiliki sekitar 99 stand Besar 66 stand Kecil yang bergerak di berbagai  bidang sosial kemasyarakatan, industri, pertanian, peternakan, hiburan, pedagang kaki lima, termasuk di dalamnya berbagai macam dinas dan jajaran birokrasi Kabupaten Barito Utara. Tujuan pameran pembangunan untuk mempromosikan berbagai aspek potensi pembangunan yang ada pada masyarakat Barito Utara.

Kabupaten Barito Utara terkenal sebagai produsen atau pemasok kayu, rotan, karet dan hasil hutan lainnya yang cukup melimpah --- meskipun jalur distribusi berbagai macam produksi tersebut disinyalir masih melalui wilayah bagian selatan Kalimantan (Banjarmasin-red). Dengan pameran pembangunan ini, diharapkan seluruh masyarakat ---khususnya masyarakat Barito Utara--- mengetahui hasil-hasil pencapaian pembangunan serta meningkatkan kemampuan dan potensi masyarakat dalam menghadapi era globalisasi.

Dalam bidang pemberdayaan masyarakat Barito Utara, misalnya, telah hadir stand P2KP  yang bertujuan untuk menyosialisasikan konsep dan gagasan P2KP dalam program penanggulangan kemiskinan kepada masyarakat serta upaya untuk menjalin kemitraan atau membangun jaringan kerjasama dengan berbagai pihak. Keikutsertaan stand P2KP dalam pameran pembangunan ini merupakan kerjasama antara KMW III P2KP koordinator Kota Kab. Barito Utara dengan Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara.

P2KP Sepi Pengunjung

Tanggapan masyarakat terhadap pameran pembangunan Barito Utara kelihatannya sangat antusias. Hal ini tercermin dari animo masyarakat yang menghadiri dan ikut meramaikan pameran. Setiap hari dari pagi hingga sore hampir ratusan orang memenuhi pameran, apa lagi pada malam minggu kira-kira  hampir tiga ribuan orang memadati pameran. Mereka berdesak-desakan mengikutinya hingga pameran usai.

Sebagaimana lazimnya sebuah pameran, pemandangan khas yang pasti dengan mudah kita jumpai, yaitu maraknya orang-orang lalu lalang menuju tempat hiburan atau mengelilingi aneka jajanan kaki lima, dari sekadar melihat sampai kemudian membelinya. Minat sebagian besar masyarakat cenderung pada hiburan dan belanja. Sedangkan berbagai macam stand dinas/instansi yang menawarkan hasil produksinya kelihatannya tidak begitu menarik minat pengunjung, karena suasananya terkesan sangat formil dan harganya pun relatif lebih mahal ketimbang pedagang eceran.

Nasib serupa dialami P2KP dan stand lainnya yang sejenis, betapa minimnya perhatian masyarakat terhadap instansi yang mainstream-nya bergerak pada pemberdayaan masyarakat. Meskipun demikian, ada juga sebagian kecil masyarakat yang menaruh perhatian terhadap P2KP, seperti beberapa jajaran/dinas Pemda, kelompok-kelompok peduli seperti LSM/NGO dan beberapa anggota masyarakat dari desa-desa.

Menyikapi kompetisi pasar tersebut, P2KP lantas menggagas ide pemutaran film hiburan ala Hollywood dengan menggunakan teknologi LCD dan mengubah kondisi fisik stand pameran, untuk sekedar menarik perhatian pengunjung. Cara tersebut berhasil, pengunjung pun mulai ramai berdatangan ke stand P2KP, untuk menonton ataupun yang hanya sekedar melihat-lihat dokumentasi kegiatan, profil P2KP serta materi P2KP. Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi P2KP untuk senantiasa tanggap dan responsif terhadap perubahan yang terjadi dalam masyarakat.

Last but not least, sekedar menengok dinamika intern P2KP sendiri, sepertinya ada beberapa petugas piket penjaga stand yang mulai merasa kelelahan dan jenuh dengan pameran yang sudah berjalan lebih dari seminggu ini. Meskipun ada juga petugas piket yang selalu ceria dan menikmati hari demi hari berlangsungnya pameran. Dari yang malas, rajin, kompak humoris, sampai iseng dan jail sekalipun. (Axl Eyia dan Team Sosialisasi P2KP Koorkot Barut)

 

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.