Beranda Warta Kliping & Newsletter Satker PKP Lampung Percepat Penanganan Kawasan Kumuh

Satker PKP Lampung Percepat Penanganan Kawasan Kumuh

Comments (0) View (1999)

<tab

Oleh:
Benny Arby Umran, S.Kom., S.Pd., M.Pd.I
Korkot-1 Bandar Lampung dan Pringsewu
OC/KMW 2 Provinsi Lampung
Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)

Judul: Satker PKP Lampung Percepat Penanganan Kawasan Kumuh

Sumber: ciptakarya.pu.go.id

Edisi Minggu, 19 Februari 2017 

Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Permukiman (Satker PKP) Provinsi Lampung melaksanakan  Lokakarya DED Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), Kamis(16/02/2017) di Ruang Rapat Bappeda Kota Bandar Lampung. Program KOTAKU mendapat sambutan positif oleh Kelompok Kerja (Pokja PKP) Nuwo Berseri, Kota Bandar Lampung. Hal ini terlihat dari antusias Pokja dalam mengawal pelaksanaan Program KOTAKU di Kota Bandar Lampung.

Kepala Bappeda Kota Bandar Lampung Sukarma Wijaya, menjelaskan bahwa sejak awal pembentukan Pokja PKP, program KOTAKU telah memberikan banyak masukan terhadap esensi Tupoksi dari Pokja PKP. “Kami sangat concern dengan Program KOTAKU. Sedari awal, kami melihat bahwa Program KOTAKU memiliki strategi yang cukup baik untuk menangani kumuh. Dimulai dari perencanaan yang melibatkan semua unsur di wilayah kelurahan sehingga tersusun dokumen Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP) di seluruh kelurahan di wilayah Kota Bandar Lampung," tutur Sukarma.

Sukarma mengatakan, perencanaan yang begitu lengkap, menggambarkan peta potensi masalah kumuh dan juga rencana investasi pencegahan dan penanganan kumuh di wilayah kelurahan selama 5 tahun kedepan. "Itu juga yang mendasari kami melibatkan semua unsur pelaku KOTAKU dalam Musrenbang dari tingkat kelurahan hingga nanti ditingkat kota," ujarnya. 

Menurut Sukarma, Kota Bandar Lampung merupakan salah satu lokasi prioritas penanganan kumuh di Indonesia. Untuk mendukung percepatan Program KOTAKU, Pokja PKP bersama semua pihak terkait di Kota Bandar Lampung dan juga unsur Satker PKP Provinsi Lampung telah melakukan pendampingan terhadap beberapa hal yaitu, review dokumen perencanaan pencegahan dan peningkaran kualitas permukiman kumuh Kota Bandar Lampung (Slum Improvement Action Plan), identifikasi infrastruktur skala kota yang akan dibiayai oleh KOTAKU pada TA 2017, penyusunan DED infrastruktur skala kota yang siap dilelangkan, serta dukungan penyelesaian dokumen perencanaan pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh skala kelurahan beserta DED untuk prioritas TA. 2017, dengan kuota untuk Bandar Lampung sejumlah 7 kelurahan yang  telah ditetapkan dalam Forum Konsultasi Publik KOTAKU Pada  27 November 2016. 

Lokakarya Detail Engineering Design (DED) yang digelar Pokja PKP Nuwo Berseri ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum terkait rencana design kegiatan infrastruktur yang telah direncanakan oleh Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) dan Tim Inti Perencanaan Partisipatif (TIPP) diwilayah sasaran serta menerima masukkan dari berbagai pihak terkait dengan design yang telah disusun demi memperoleh kualitas Design yang baik. 

“LKM bersama TIPP sebelumnya telah melakukan asistensi teknik terkait dengan rencana kegiatan dan DED dengan tim teknis Dinas Pekerjaan Umum. Alhamdulillah, kami bersyukur melalui program ini masyarakat memiliki kemampuan dalam merencanakan kegiatan infrastruktur penunjang pencegahan dan penanganan kumuh,” tambah Sukarma. (Methariska Sylvia – Randal Lampung/ari)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.