Beranda Warta Kliping & Newsletter UPK Dampingan KOTAKU Dilatih Aplikasi Pembukuan

UPK Dampingan KOTAKU Dilatih Aplikasi Pembukuan

Comments (0) View (824)
Diinformasikan oleh: 
Maya Keumala Dewi
Askot Mandiri
Kabupaten Aceh Besar
OC 1 Aceh
Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)

Judul: UPK Dampingan KOTAKU Dilatih Aplikasi Pembukuan

Sumber: Serambi Indonesia

Edisi: Rabu, 26 Juli 2017

BANDA ACEH - Unit Pengelola Keuangan Badan Keswadayaan Masyarakat (UPK-BKM) di Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar yang merupakan dampingan program 'Kotaku' dilatih penggunaan aplikasi sistem pembukuan konvensional dan syariah sekaligus memperkenalkan konsep dan mekanismenya.

Pelatihan berlangsung di Hotel Rumoh PMI Banda Aceh, 24-26 Juli 2017 merupakan kegiatan perdana yang didanai manajemen program 'Kotaku'. Pesertanya adalah personel UPK-BKM dari Kecamatan Krueng Barona Jaya yang merupakan dampingan program Kotaku.

Askot Mandiri Program Kotaku Wilayah Aceh Besar, Maya Keumala Dewi kepada Serambi mengatakan, kegiatan tersebut dibuka Kepala Bappeda Aceh Besar diwakili Kabid Sapras, Fahmi Abduh. "Pemkab Aceh Besar berharap melalui kegiatan ini akan muncul UPK-UPK terlatih dan handal yang bisa mewujudkan gampong mandiri," kata Maya mengutip harapan yang disampaikan harapan yang disampaikan Kabid Sapras Bappeda Aceh Besar saat membuka kegiatan tersebut.

Menurut Maya, sebelumnya sistem pelatihan masih menggunakan cara manual. Dengan adanya aplikasi khusus ini para personel UPK diharapkan mampu menguasai sistem pelaporan berbasis digital.

Dikatakan Maya, pada pelatihan hari pertama dan kedua para peserta masih menggunakan data fiktif untuk input ke aplikasi. "Pada hari terakhir diharapkan peserta bisa menginput data riil dari lapangan untuk masuk ke sistem," kata Maya.

Diakui Maya, meskipun masih ada beberapa kendala teknis namun kendala yang dihadapi bisa diselesaikan karena peserta semakin memahami sistem aplikasi yang diajarkan. "Kita terus memotivasi peserta agar tidak menyerah," demikian Maya Keumala Dewi. (nas)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.