Beranda Warta Kliping & Newsletter UPK Air Raja From Zero to Hero

UPK Air Raja From Zero to Hero

Comments (0) View (954)
Diinformasikan oleh:
Desiandry
Askot MK
Kota Tanjungpinang
KMW/OC 1 Provinsi Kepulauan Riau
Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)

Bicara kemajuan perekonomian rumah tangga, berarti bicara konteks terkait keuangan. Kali ini artikel mengangkat tema tentang pinjaman bergulir Unit Pengelola Keuangan (UPK). Kota Tanjungpinang memiliki 18 kelurahan di 4 kecamatan. Artinya, Kota Tanjungpinang memiliki 18 Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dengan masing-masing Unit Pengelolanya.

BKM Insan Harapan, Kelurahan Air Raja bisa dibilang sebagai contoh BKM yang mampu bekerja sama baik dengan UPK-nya dalam mengelola dana pinjaman bergulir yang disalurkan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di lingkup wilayahnya.

Terbukti UPK-BKM Insan Harapan, yang awalnya memiliki modal pinjaman bergulir sebesar Rp82,5 juta pada tahun 2008 dan dana PPMK sebesar Rp100 juta pada pertengahan tahun 2014, menghasilkan pemupukan modal sebesar Rp41.431.000. Dengan demikian, total keseluruhan modal di UPK mencapai Rp223.931.000.

UPK di BKM Insan Harapan mampu menghasilkan laba di tahun sebelumnya, sebanyak Rp28.775.000. Laba tersebut dialokasikan menjadi berbagai macam kegiatan, antara lain, penambahan modal perguliran cadangan risiko, operasional UPK, kegiatan sosial, kegiatan lingkungan dan operasional BKM.

Status data Juni 2017 UPK BKM Insan Harapan tercatat memiliki 19 KSM yang masih aktif dan lancar bayar. Dari 19 KSM tersebut terdiri atas 14 KSM reguler (dengan besar pinjaman Rp88,5 juta), dan 5 KSM PPMK. Total pinjaman sebesar Rp135 juta.

Dengan demikian UPK tak hanya mampu menggerakkan perekonomian MBR dan menurunkan tingkat kemiskinan, tapi juga mampu menjadi sumber majunya suatu organisasi. Yakni BKM yang mandiri menuju madani. [Kepri]

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.