Beranda Warta Kliping & Newsletter Bontang Targetkan Kota Bebas Kumuh Tahun 2019

Bontang Targetkan Kota Bebas Kumuh Tahun 2019

Comments (0) View (1197)

<tab

Diinformasikan oleh:
Maizil Jalaluddin
TA Urban Planner
KMP wil. 2
Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU).

Judul: Bontang Targetkan Kota Bebas Kumuh Tahun 2019

Sumber: pktvbontang.com

Edisi: August 24, 2017

Bontang. Menuju Bontang sebagai kota bebas kawasan kumuh tahun 2019 mendatang, pemerintah menggelar penyusunan memorandum program rencana pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh perkotaan, berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 21 hingga 25 Agustus 2017. Bertempat di Hotel Akbar Bontang.

Kegiatan ini dikuti perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, diantaranya Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota, hingga PDAM Tirta Taman serta tokoh masyarakat pihak terkait lainnya.

Menurut koordinator program Yarsito, penyusunan memorandum ini merupakan tindak lanjut penunjukkan Bontang sebagai salah satu pilot project kota tanpa kumuh (Kotaku) oleh Pemerintah Pusat, yang diharapkan mampu meraih output dalam mengurangi kawasan kumuh.

“Saat ini masih ada 120 hektare kawasan kumuh di kota Bontang, yang diharap bisa ditekan menjadi nol persen pada 2019 mendatang,” kata Yarsito.

Dikatakannya, dari 120 hektare kawasan kumuh yang masih ada di Bontang, terbagi di 15 Kelurahan yang ada. Dan hingga saat ini berhasil di ‘cluster’ dalam enam kawasan. Masing-masing kawasan industri wisata, kawasan wisata kuliner, kawasan ekowisata, kawasan budidaya, kawasan kota baru, dan kawasan penataan pesisir.

“Setelah ini tim akan menyusun rencana target penurunan jumlah kawasan kumuh tiap tahunnya, agar target di tahun 2019 tercapai. Dan Bontang mampu menjadi penyumbang pertama kota tanpa kumuh di Indonesia,” terangnya.(*)

Laporan: Mansur

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.