Beranda Warta Berita BKM adalah Board of Trusty, Pembukaan Pelatihan UPK BKM P2KP

BKM adalah Board of Trusty, Pembukaan Pelatihan UPK BKM P2KP

Comments (0) View (1326)

BKM adalah Board of Trusty, berkembang tidak hanya dilandasi bisnis semata tapi juga saling percaya, ujar Dirjen Perkim Depkimpraswil dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi Pelatihan UPK BKM P2KP oleh BRI di Hotel Galuh Yogyakarta. Atas dasar kepercayaan tersebut mengakibatkan NPL (Non Performing Loan) BKM hanya 5%. Atas kesadaran warga yang meminjam uang dan kemudian mengembalikannya, merupakan indikator awal penyelenggaraan secara profesional, Akil berujar.

Akil menjelaskan bahwa BKM perlu mengikuti pelatihan agar BKM bisa bekerjasama dengan lembaga keuangan besar seperti BRI. Pada permulaan BKM akan dilatih oleh BRI, kemudian dilanjutkan kerjasama dengan BRI, dan selanjutnya BRI akan membina BKM, urainya. Akil mengemukakan bahwa kucuran dana bagi BKM akan semakin meningkat dengan adanya kerjasama dengan BRI.

Akil menjelaskan bahwa 846 BKM se Pulau Jawa yang terpilih karena memenuhi kriteria BKM Mantap atau kinerjanya baik dan UPKnya berorientasi pada masyarakat miskin. BKM yang dilatih harus memenuhi kriteria BKM yang baik, namun demikian perlu dilatih oleh BRI agar bekerja lebih profesional sesuai standar Bank, imbuhnya.

Terhadap Unit-unit di BKM, Akil berharap dapat berfungsi semua tidak hanya unit pengelola keuangan saja. Karena selama ini yang berfungsi hanya UPK, sedangkan UPL dan UPS belum. Dengan adanya kerjasama dengan BRI, maka UPL akan didorong untuk menangani Perumahan Swadaya di wilayahnya dan UPS kelak yang akan menjadi pengelola perumahan permukiman yang layak. Dikemudian hari tidak hanya BRI, namun lembaga lain akan menguatkan UPS, urai Akil.

Acara seremonial Pembukaan Pelatihan UPK BKM P2KP oleh BRI diadakan di Aula Hotel Galuh Prambanan Yogyakarta tepatnya tanggal 30 Agustus 2004. Acara dibuka secara resmi oleh Dirjen Perkim Ir. Syarifudin Akil. Dari Depkimpraswil dihadiri oleh Dirjen Perkim Ir. Syarifudin Akil, DirBintek Perkim Drs. Agus Jarot H, Kepala PMU Ir. Danny Sutjiono CES, Pimpro P2KP Ir. Arianto Dipl SE, MT, sedangkan dari BRI dihadiri oleh Kepala Div Kredit Program Ir. Siti Sundari Nasution, Kepala Divisi SDM Drs. Lutfi Thabrani dan Kanwil BRI Yogyakarta Drs. Maryono. Acara diikuti oleh 486 orang peserta dari 86 BKM se DIY Yogyakarta dan Jawa Tengah. (Nita)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.