Beranda Praktik Baik PB-PPM Ada Kemauan, Maka akan Ada Perubahan

Ada Kemauan, Maka akan Ada Perubahan

Comments (0) View (3422)

Penampilan Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) PAKET ini cukup sederhana. Pembawaannya tenang dan menunjukkan semangat hidup yang menyala-nyala dalam menjalankan hidup. Nama lengkapnya Muhammad Abdul Rozak, lahir di Jakarta, 27 Maret, 54 tahun lalu.

Beliau mulai berkiprah di P2KP sejak tahun 2005. Saat itu beliau belum begitu memahami tentang program tersebut. Setelah mempelajari buku pedoman dan dengan berdiskusi, akhirnya sedikit demi sedikit beliau memahami tentang Program P2KP. Ada pertanyaan besar dalam dirinya. “Apakah P2KP dapat menyelesaikan kemiskinan dengan pendekatan pembelajaran masyarakat ? Apakah masyarakat mampu?”

Seiring berjalannya waktu, pergaulan beliau bertambah luas, sambil terus mencoba memahami program tersebut secara bertahap. Pada suatu waktu, beliau diamanahi untuk duduk di kepengurusan Pokja, mewakili Dinas Cipta Karya sebagai Anggota Pokja Tahun 2006. Kemauan beliau belajar tentang PAKET sangat mendalam, mulai dari menjalin kebersamaan atau sinergi antara masyarakat dengan birokrasi/pemerintahan. Namun, ada pertanyaan besar lagi, “Apakah kemitraan antara masyarakat dan dinas dapat terjalin dengan baik?”

Meski banyak pertanyaan dalam dirinya, beliau tetap menjalani amanah yang diembankan padanya dengan sungguh-sungguh. Dengan banyak membaca, berdiskusi dan mengikuti perkembangan PAKET dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2008, akhirnya beliau mulai dapat memahami Program P2KP ataupun PAKET.

Pada tahun 2009, hasil kesepakatan anggota Pokja, menimbang pemahaman dan pengalamannya, beliau dipercaya menjadi koordinator Pokja PAKET hingga sekarang. Amanah tersebut merupakan suatu ibadah yang harus dijalankan dan dipertanggungjawabkan.  Selama menjadi koordinator Pokja, beliau selalu mengenakan pakaian dinas resmi setiap kali melakukan pertemuan POKJA serta monitoring dan evaluasi (MONEV).

Di sisi lain, beliau adalah seorang yang jujur, fleksibel dan mampu meredam situasi atau konflik yang muncul, baik di dalam masyarakat maupun birokrasi. Kejujuran merupakan modal awal untuk menumbuhkan kepercayaan terhadap masyarakat dan birokrasi. Dengan kejujuran, maka akan membuahkan hasil yang besar dalam kehidupan bermasyarakat maupun berorganisasi.

Seperti diketahui, beliau adalah PNS pada Dinas Cipta Karya, Departemen Umum Kabupaten Karawang, sebagai pelaksana Teknis pada Jalan, Jembatan dan Bangunan. Seiring sifat kerelawanan yang melekat pada dirinya, alokasi waktu beliau terbagi dua, yaitu alokasi waktu dalam pekerjaan rutinnya sebagai PNS di dan alokasi waktu yang beliau emban di Program PAKET P2KP. Pun ketika ada waktu luang, beliau memanfaatkannya untuk kegiatan PAKET.

Harapan utama beliau melalui PAKET adalah jalinan kemitraan yang baik antara pemda dan masyarakat. Jika keduanya saling membutuhkan, maka diharapkan mampu menghilangkan ego sektoral, semata-mata untuk kepentingan Kabupaten Karawang, dalam hal penanggulangan kemiskinan yang makin mendesak untuk dientaskan ini dan Insya Allah dapat tercapai.

Pertanyaan besar yang muncul sekarang adalah, “Sejauh mana motivasi dan cita-cita kita untuk membantu keluarga kita yang sedang dirundung kemiskinan?” PAKET adalah salah satu media untuk mencapai cita-cita tersebut. (Tim PAKET Kabupaten Karawang, P2KP Advanced; Firstavina)

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan PAKET Kabupaten Karawang, silakan hubungi:

Contact Person:
H. RMA. Rozak, BE. (Koordinator Pokja PAKET Karawang)
Perum Pepabri, Desa Telukjambe,
Kecamatan Telukjambe Timur,  Karawang
Telp. 0267-7043491 / 08811924483

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Praktik Baik