Beranda Praktik Baik PB-PPM Kunanti Posyandu Sedari Dulu

Kunanti Posyandu Sedari Dulu

Comments (0) View (2721)

Masalah kemiskinan merupakan masalah yang harus ditanggulangi secara menyeluruh oleh pemerintah, masyarakat, pihak swasta, maupun kelompok peduli. PAKET adalah salah satu program pembelajaran bagi pemerintah dan masyarakat guna menyelesaikan persoalan kemiskinan, khususnya di Kota Bogor. Salah satu penyebab kemiskinan di Kelurahan Sukaresmi adalah minimnya fasilitas kesehatan masyarakat khususnya sarana Posyandu, hal ini menyebabkan terhambatnya pelayanan terhadap pemeriksaan balita, ibu hamil, orang tua jompo dan pelayanan rutin lain. Posyandu yang akan dibangun berada di atas lahan hibah warga. Adalah Drs. Ade Abdurahman dari RW. 02 yang menyumbangkan tanah seluas 4 meter x 13 meter itu demi peningkatan kesehatan ibu, bayi dan balita.

Sebelum dibangun Posyandu, warga merasa kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan terpadu oleh Bidan dan Dokter Puskesmas Kecamatan Tanah Sareal, karena tempatnya selalu berpindah-pindah. Kadang di rumah ketua RT/RW, kadang dirumah warga.

Sebagian besar warga pun segan jika harus datang ke lokasi-lokasi tersebut, sehingga akhirnya mereka batal datang. Namun, setelah dibangun Posyandu ini, warga selalu datang setiap pelayanan kesehatan rutin digelar. Bidan dan dokternya pun merasa terbantu dengan dibangunnya fasilitas Posyandu yang berukuran 4 meter x 7 meter tersebut.

Kini warga miskin berbondong-bondong mendapatkan pelayanan kesehatan secara mudah, murah serta lebih baik. Selain digunakan untuk kegiatan posyandu, gedung ini dapat digunakan juga untuk kegiatan PAUD, pertemuan warga, dan sarana bermain anak. Penerima manfaat kegiatan dua posyandu tersebut tercatat mencapai 618 jiwa miskin dari 682 orang yang ada di lingkungan RW 02 dan RW 06.

Peresmian Posyandu dilakukan oleh istri dari Walikota Bogor, selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor melalui penandatanganan prasasti, yang saat itu ditemani oleh Lurah Kelurahan Sukaresmi. 

”Akhirnya Posyandu dibangun juga,” ujar Ruminah, warga RT 02 RW 06 Kelurahan Sukaresmi Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, yang memiliki dua anak kecil. ”Kami tidak perlu lagi berpindah-pindah dari satu rumah ke rumah lain untuk memeriksakan kesehatan,” sambungnya. Dengan demikian upaya meningkatkan kesehatan anak-anak balita, ibu hamil, orang tua jompo terjawab sudah.

Posyandu yang dibangun di Kelurahan Sukaresmi sebanyak dua unit ini total menyerap biaya sebesar Rp109.583.350, terdiri atas Rp70juta dari dana PAKET-P2KP dan Rp39.583.350 swadaya masyarakat sebesar, termasuk swadaya tanah. Lokasi pembangunan Posyandu berada di RT 02/06 dan RT 02/02.

”Kami sangat gembira atas dibangunnya Posyandu ini. Keluarga miskin selama ini sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang murah,” jelas Ny. Mamah, salah seorang warga yang menyampaikan kesaksian di sela-sela acara gunting pita peresmian Posyandu oleh istri dari Walikota Bogor. Panitia Kemitraan (Pakem) setempat sengaja mengundang Ny. Mamah beserta Kepala BPM dan KB serta Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Bogor sebagai wujud rasa syukur.

Untuk memelihara Gedung Posyandu ini, warga membentuk tim pemelihara yang beranggotakan kader-kader posyandu dan masyarakat sekitar. Sedangkan biaya pemeliharaan didapat dari iuran PAUD dan swadaya masyarakat. (Tim PAKET KMW Jawa Barat, PNPM Mandiri Perkotaan; Firstavina)

Informasi selanjutnya mengenai kegiatan BKm PWK Sukaresmi, silahkan menghubungi:

BKM PWK Sukaresmi
Jl. H.A. Yunus No. 50 Rt.04/04 Kelurahan Sukaresmi
Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor

Contact Person:
- Eniek Mustka, HP. 085281440779

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Praktik Baik