Beranda Praktik Baik PB-PPM Hiruk Pikuk Peluncuran Pemasaran PLPBK di Sonorejo

Hiruk Pikuk Peluncuran Pemasaran PLPBK di Sonorejo

Comments (0) View (3935)

Sosial
Oleh:
Siti Nurul Wardani
Fas.UP Sukoharjo
OC 5 Jawa Tengah
PNPM Mandiri Perkotaan  .

Saat ini program Pengembangan Lingkungan dan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) di Kelurahan Sonorejo memasuki tahap pemasaran dan pelaksanaan pembangunan. Untuk kegiatan pemasaran sudah diawali dengan turut berpartisipasi mewakili Kabupaten Sukoharjo pada pameran PLPBK di Kalireyeng, Kendal pada pertengahan Juni 2011 lalu.

Agenda berikutnya adalah pameran dan pentas seni yang diadakan sendiri oleh BKM Sumber Makmur Sonorejo di Balai Kelurahan Sonorejo, mengundang warga masyarakat, BKM-BKM lainnya di Sukoharjo, seluruh Faskel manajemen kecamatan, Tim Faskel, Korkot serta bupati dan dinas-dinas terkait.


Pembukaan acara oleh Koordinator BKM

Pentas seni lesung

Harapan orang kecil untuk merawuhkan orang besar direwangi mbrangkang. Demikian seloroh warga Sonorejo. Kegiatan ini terinspirasi dari pelaksanaan pameran di Kendal yang didukung oleh bupati setempat.

Sebelumnya sudah ada persiapan secara matang sebelum pameran, dengan adanya rapat-rapat internal BKM , TIPP, TAPP, Tim Faskel, Tim Kreatif dan masyarakat, terkait susunan acara dan segala hal yang berkaitan dengan pameran.

Acara diawali pada Jumat, 8 Juli 2011, mulai pukul 07.00 WIB dengan kegiatan persiapan tarup dan desain lokasi pameran. Panggung berada di balai kelurahan. Seperangkat gamelan diletakkan di sisi kanan panggung. Stan -stan ditata mengitari halaman kelurahan. Beberapa mahasiswa ISI Solo sudah berdatangan untuk gladi bersih  pentas sendratari Ramayana.


Pentas seni rakyat tari-tarian

yang memukau para undangan

Acara pembukaan dimulai pukul 19.00 WIB diawali pentas seni rakyat Seni Lesung, Jathilan dan tari-tarian; kesenian lesung dari Sonorejo ini sudah pernah pentas di Taman Budaya Surakarta. Dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Kecamatan Sukoharjo dan laporan panitia oleh Koordinator BKM Sumber Makmur Drs. Agus Suyadi. Pementasan Sendratari Ramayana berhasil memukau para tamu undangan yang hadir.

Kemudian, paparan tentang kegiatan PLPBK di Sonorejo oleh TAPP Diah, yang sesuai dengan visi Sonorejo, yaitu “Terwujudnya Sonorejo maju sebagai desa wisata berbasis seni budaya, pertanian dan industri kecil menegah yang berwawasan lingkungan menuju masyarakat madani.”

Melalui penyusunan rencana penataan lingkungan permukiman ini diharapkan pembangunan Sonorejo ke depan akan menjadi terarah dan terkendali. Acara selanjutnya adalah Penandatanganan MoU antara Bank Jateng dengan ISI Surakarta dan Akademi Teknik Warga (ATW).


Penandatanganan MoU Bank Jateng dengan ISI

Dialog bersama Bupati Sukoharjo, Wardoyo

Puncak acara adalah sambutan Bupati Sukoharjo, yang mengimbau agar dinas-dinas terkait di Kabupaten Sukoharjo turut mendukung program-program PLPBK dan dapat bermitra serta bersinergi dengan pembangunan di wilayah Sukoharjo.

Acara terakhir adalah kunjungan ke stan-stan pameran kerajinan dan menyaksikan demo pembuatan paving, tatah sungging (demo membuat wayang kulit) dan lain-lain. Adapun kerajinan khas Sonorejo yang dipamerkan adalah kaligrafi, wayang kulit, meja catur, kerajinan kulit dan lain-lain.

Untuk pelaksanaan kegiatan fisik di Sonorejo, yang pertama kali akan dilaksanakan adalah pembuatan jalan paving. Terkait hal tersebut sudah dilaksanakan penguatan kapasitas dengan diadakannya pelatihan pembuatan paving kepada KSM yang bekerjasama dengan ATW.

Acara pada siang hari kedua, Sabtu 9 Juli 2011 adalah Pentas Seni kreativitas anak muda setempat yang dimeriahkan oleh seluruh grup band musik di Sonorejo, C-PLUS dan kasidahan.


Pagelaran wayang kulit pakeliran ringkas

Penyerahan penghargaan BKM Award

Malamnya , acara dimulai pukul 20.00 WIB adalah pengumuman lomba dan penyerahan piala BKM Award atau Lomba Kesekretariatan BKM, yang diikuti oleh BKM se-Kecamatan Sukoharjo pada 5 -6 Juli 2011. Juga, Lomba Bulutangkis yang diadakan pada tanggal 9 Juli 2011. Kemudian ada pula paparan tentang kegiatan PLPBK oleh BKM Sumber Makmur. Acara puncak adalah pagelaran wayang kulit pakeliran ringkas dengan empat dalang.

Paginya, pada Minggu, 10 Juli 2011, ada kegiatan sepeda santai mengelilingi wilayah Sonorejo agar masyarakat lebih mengenal dan mencintai desanya yang dimeriahkan dengan door prize dan wisata kuliner setempat.

Masyarakat merasa senang dengan adanya acara pameran ini dan dapat menyaksikan hiburan tradisional yang sangat beragam di Sonorejo. (OC 5 Jateng)

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini silakan hubungi:

Korkot Sukoharjo

Jl. Slamet Riyadi No.56
Telepon: 0271-3021656
e-mail: 

Editor: Nina K. Wijaya

0 Komentar

Yang terkait

Kategori Praktik Baik