Beranda Pengaduan FAQ PIM Frequently Asked Questions PPM

Frequently Asked Questions PPM

View (627)
PPM adalah Pengelolaan Pengaduan Masyarakat, suatu proses kegiatan untuk menampung, mencatat, menelaah, menganalisis, menyalurkan, mengkonfirmasi, mengklarifikasi, memberikan alternatif solusi kepada pengadu, mendokumentasi dan mensosialisasikan hasil pengelolaan pengaduan yang dilakukan oleh Pemda dan masyarakat.
- Dapat dijumpai di tingkat Kelurahan/Desa, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Pusat.
- Di tingkat Kelurahan/Desa ada di BKM/LKM.
- Di tingkat Kabupaten/Kota ada di Kantor Bupati/Walikota.
- Di tingkat Provinsi ada di Kantor Gubernur.
- Di tingkat Pusat ada di kantor Proyek  Program KOTAKU yang difasilitasi oleh KMP (Konsultan Manajemen Pusat).
Masalah dapat diselesaikan tergantung ringan dan sulit permasalahan yang diadukan.
Intinya masalah yang timbul/muncul di masyarakat diharapkan melalui musyawarah warga, masyarakat sendirilah yang dapat menyelesaikannya, kecuali masalah itu tidak dapat diselesaikan oleh masyarakat, maka unit PPM akan melibatkan Pemerintah Daerah (Pemda) dan pihak lain yang berkompeten untuk memfasilitasi masalah tersebut agar dapat diselesaikan.
Peran PPM adalah memfasilitasi pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat, pemanfaat program, dan pihak lain termasuk pelaku program. Penyelesaian masalah menggunakan prinsip berjenjang, artinya semua pengaduan atau masalah yang muncul ditangani pertama kali oleh masyarakat dan Pemda pada tingkatan di mana pengaduan/masalah tersebut timbul (keberadaan subyek yang diadukan). Jika perkembangan penanganan masalah pada tingkatan tersebut tidak mampu untuk menangani, maka setelah dilakukan evaluasi dapat dinaikkan derajatnya untuk meminta dukungan penanganan dari tingkatan di atasnya.