Berita

Beranda Warta Berita Gampong Keudah Wujud Nyata Pemberdayaan dalam Kegiatan Lingkungan

Gampong Keudah Wujud Nyata Pemberdayaan dalam Kegiatan Lingkungan

Berita Aceh Banda Aceh Hari Bakti PU 2017 Comments (0) View (761)

Kegiatan di Gampong Keudah dinilai sebagai wujud nyata bentuk pemberdayaan dalam kegiatan lingkungan, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan oleh masyarakat. Keudah merupakan salah satu gampong yang terdampak tsunami. Masyarakatnya sudah mulai memerhatikan aspek-aspek mitigasi bencana yang dituangkan dalam perencanaan pembangunan infrastruktur, seperti perencanaan pembangunan ruas jalan lingkungan permukiman sebagai jalan alternatif ketika terjadi bencana.

Pemahaman ini diharapkan terus dipupuk agar masyarakat semakin paham ke mana arah pembangunan yang direncanakan dan dilaksanakan, bukan semata sebagai menghabiskan anggaran yang ada. Hal tersebut terungkap dalam kunjungan Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan, Ditjen Bina Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dudi Suryobintoro ke Gampong Keudah, Kecamatan Kuta Raja, Kota Banda Aceh. Kunjungan dilaksanakan dalam rangka Hari Bakti ke-72 PU yang jatuh setiap 3 Desember. Gampong Keudah sendiri termasuk wilayah prioritas Program KOTAKU yang masuk dalam SK Kumuh Wali Kota tahun 2015, dengan jumlah luasan 1,75 Ha.

Kunjungan itu juga dihadiri oleh SKPA, SKPD, Kepala satuan kerja Program KOTAKU, Program SANIMAS, Team Leader Program KOTAKU Provinsi Aceh, Kapolsek, camat, geuchik, didampingi Kasatekr PKP Provinsi Aceh T. Davis.

Diharapkan juga, kegiatan yang sudah dibangun oleh masyarakat dapat menjadi pembelajaran bersama, untuk dapat dijaga bersama. Nantinya para pekerja bisa mendapat pengakuan dari pemerintah berupa sertifikat, agar kelak bisa memberikan kemudahan, terutama peluang penambahan pemasukan bagi yang bersangkutan.

Harapan terbesar pada kegiatan kunjungan ini adalah bisa mengetahui sisi kekurangan yang perlu ditangani bersama, yang bisa disampaikan melalui desa, kecamatan, kota, dan provinsi. Tujuannya, agar semua permasalahan bisa menemukan solusi terbaik. [Aceh]

 

Penulis: Dudi Suryobintoro, Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan, Ditjen Bina Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Editor: Maya Keumala Dewi/Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.