Berita

Beranda Warta Berita Kolaborasi Pemkab dan Unhas Tuntaskan Kumuh di Bone

Kolaborasi Pemkab dan Unhas Tuntaskan Kumuh di Bone

Sulawesi Selatan Bone Infrastruktur Kolaborasi Comments (0) View (887)

Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) menjadi sebuah program andalan di Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan. Program ini memunculkan respon baik di masyarakat. Ini dibuktikan dengan perbaikan fasilitas infrastruktur berupa jalan lingkungan dengan memakai paving block dan drainase, serta difungsikannya taman warga untuk mempercantikan kawasan yang sebelumnya kumuh.

Bukti lain respon positif terhadap KOTAKU ditunjukkan pula oleh Pemerintah Kabupaten Bone. Salah satunya adalah kunjungan yang dilakukan Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi ke salah satu kawasan permukiman kumuh di lingkungan Saliwa Benteng, Kelurahan Watampone, Kecamatan Tanete Riattang. Kawasan ini merupakan lokasi dampingan Program KOTAKU.

Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi  sangat berterima kasih terhadap pemerintah pusat yang menggelontorkan dana melalui Program KOTAKU. “Insyaa Allah, ke depannya kita akan bersinergi, untuk sama-sama membangun kawasan kumuh dengan alokasi dana APBD,” jelasnya di hadapan para undangan, yang terdiri atas pimpinan SKPD, camat, BKM dan masyarakat.

Bupati Bone mengaku merasa gembira dan mengapresiasi seluruh pihak yang telah membantu kelancaran Program KOTAKU. “Bahkan saya harus memberi apresiasi kepada para pendamping yang telah bersusah payah dan bekerja keras menyukseskan Program KOTAKU ini,” tegasnya.

Hari itu, Kelurahan Watampone juga menerima kunjungan pihak civitas akademik, yakni Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin (Unhas). Menurut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FIB Unhas Andi Ahmar, kedatangan pihaknya adalah dalam rangka rangkaian acara Dies Natalis FIB, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kedatangan FIB Unhas ini disimbolisasikan dengan menanam pohon produktif di lokasi KOTAKU. Menanggapi kedatangan pihak Unhas, Bupati Bone mengaku merasa bangga, menyambut baik dan menganggap hal tersebut sebagai suatu bentuk penghargaan bagi Pemerintah Kabupaten Bone.

Pada kesempatan yang sama, Camat Tanete Riattang Andi Saharuddin menyatakan tentang komitmen pemerintah dalam perbaikan nasib warga. “Mereka (masyarakat) harus berdaya, dan fasilitas lingkungannya juga harus memadai. Inilah adalah keberpihakan agar daerah/kota tidak kumuh. Saya bersyukur dan antusias untuk menyukseskan program. Ini adalah amanah yang harus diwujudkan secara bersama-sama agar tercipta kota tanpa kekumuhan,” urainya.

Hal senada diungkapkan salah seorang warga Kelurahan Watampone Asdah AS. Menurutnya, Program KOTAKU sangat sesuai dengan ruh dan cita-cita pembangunan, yang melihat bagaimana permukiman ideal untuk warga. Yakni, indah dipandang mata, karena tidak kumuh. Ia mengatakan, warga sangat mengapresiasi kehadiran program. Apalagi KOTAKU mengajak warga untuk sadar dan bertanggung jawab dalam membangun daerahnya. Kehadiran Unhas juga dinilai sebagai ketertarikan civitas akademika terhadap Program KOTAKU di kelurahannya. “Ini membuat bangga warga setempat,” kata Asdah. [Sulsel]

 

Penulis: Herman Wafir, Askot Mandiri Kabupaten Bone, OSP 8 KOTAKU Provinsi Sulawesi Selatan

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.