Beranda Praktik Baik PB-Lingkungan Jalan Citamba Jadi Kebanggaan Warga Purwawinangun

Jalan Citamba Jadi Kebanggaan Warga Purwawinangun

Purwawinangun Jawa Barat Kuningan Infrastruktur Praktik Baik Comments (0) View (2015)

Jalan di permukiman di beberapa lingkungan di Kelurahan Purwawinangun, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan awalnya rusak. Terlihat kotor dan kumuh tidak terurus. Kadang terjadi genangan air saat musim hujan. Saluran pun sering mampet, sehingga terjadi limpasan (luapan) air hujan, yang menyebabkan genangan air di sekitar lokasi. Tentu ini sangat mengganggu kegiatan masyarakat sehari-hari.

Kondisi ini lambat mendapatkan perhatian pemerintah kelurahan, karena anggaran kelurahan relatif kecil dan belum bisa membantu memperbaiki kondisi lingkungan yang ada. Namun, setelah adanya penataan ulang melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yang direalisasikan dengan pembangunan rabat beton labur aspal dan pembangunan saluran drainase pasangan batu belah, akhirnya wajah lingkungan Purwawinangun mulai berubah. Masalah genangan sudah bisa teratasi, bahkan sekarang lingkungan menjadi lebih asri.

Hasil perencanaan yang disusun Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Purwa Mandiri bersama Tim Inti Perencanaan Partisipatif (TIPP) dan warga salah satunya adalah menyelesaikan permasalahan terkait kondisi jalan dan saluran. Melalui Rencana Tahunan (Renta) yang tercantum dalam Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP) tahun 2017, menjadi prioritas dari beberapa usulan kegiatan yang ada di masing-masing RT. Prioritas kegiatan penataan lingkungan ini yang disepakati adalah kegiatan jalan rabat beton labur aspal dan saluran drainase yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, dengan sasaran penerima manfaat yaitu dari warga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Guna merealisasikan usulan kebutuhan warga tersebut, LKM Purwa Mandiri membentuk panitia pengelola sebagai pelaksana kegiatan. Setelah adanya kesepakatan yang dihasilkan melalui rembuk warga, dibentuklah Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Seroja yang diketuai Dadi. LKM Purwa Mandiri, dibantu oleh Unit Pengelola Lingkungan (UPL), memberikan pembinaan dan arahan kepada KSM untuk membuat dan menyusun usulan kegiatan yang akan dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2017.

Dirancang kesepakatan dan komitmen warga yang berada di sekitar lokasi kegiatan, berupa partisipasi/kontribusi swadaya warga, dan adanya kesanggupan memelihara kegiatan tersebut. Kemudian, pelaksanaan kegiatan berjalan di bawah koordinasi KSM Seroja dan pengawasan LKM. Pemeliharaan hasil kegiatan ini sudah disepakati bersama melalui kegiatan Jumsih—Jumat Bersih, yang digerakkan oleh ibu-ibu PKK dan Ketua RT.

Penerima manfaat langsung dari kegiatan ini tercatat sebanyak 242 jiwa atau 56 KK, yang merupakan warga RT 04 RW 01 Lingkungan Manis. Kegiatan yang dilaksanakan KSM Seroja ini menggunakan Bantuan Dana Investasi (BDI) dari Program KOTAKU sebesar Rp91.485.000, dan swadaya masyarakat sebesar Rp22.871.000. Hasilnya adalah jalan rabat beton labur aspal sepanjang 761 meter dan drainase sepanjang 45 meter.

Selain BDI Program Kotaku, LKM Purwa Mandiri juga melakukan kolaborasi dengan pemerintah daerah. Di antaranya, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan dalam penyediaan tempat sampah terpilah yang ditempatkan di beberapa titik jalan.

Kini hasil kegiatan perbaikan jalan lingkungan dan saluran dapat betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama warga miskin. Permukiman di Lingkungan Manis pun jadi terasa lebih manis. Dan, guna memperindah infrastruktur yang dibangun, KSM Seroja bersama warga membuat gambar mural, yang sekaligus berfungsi sebagai sosialisasi Program KOTAKU.

Untuk kegiatan tersebut warga berswadaya menyumbangkan cat agar jalan yang ada terlihat lebih indah. Perubahan lainnya yang terjadi di adalah warga sudah sadar bahwa lingkungan yang sehat dimulai dari menjaga kebersihan, tidak buang sampah sembarangan dan memelihara lingkungan permukiman dengan rutin.

“Kini, warga yang biasa belanja ke pasar, pedagang atau anak-anak yang ke sekolah bisa lebih nyaman karena jalanan yang dilewati sudah bagus dan mereka pun enggan untuk membuang sampah sembarangan,” ungkap Koordinator LKM Purwa Mandiri Rosmala Dewi. Ia berharap melalui penataan di Lingkungan Manis ini bisa menggerakkan warga lainnya di Kelurahan Purwawinangun untuk bersama-sama membangun lingkungan atau kampung yang sehat, asri, nyaman dan produktif. [Jabar]

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

LKM Purwa Mandiri 
Kelurahan Purwawinangun, Kecamatan Kuningan 
Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Contact Person: 082119441234/ 081224124976

 

Penulis: Nandang Hamim, Senior Fasilitator Tim 03 Kabupaten Kuningan, KMW/OC 4 KOTAKU Provinsi Jawa Barat

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait