Beranda Warta Cerita Pokja PKP Kota Sibolga Lakukan Coaching Clinic Mandiri

Pokja PKP Kota Sibolga Lakukan Coaching Clinic Mandiri

Sumatera Utara Sibolga Coaching Clinic Cerita Comments (1) View (1226)

Pemerintah meluncurkan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) National Slum Upgrading Program (NSUP) sebagai upaya membangun kemandirian masyarakat dan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam penanganan kumuh secara berkelanjutan. Berdasarkan strategi KOTAKU, setiap tahunnya penyelenggaraan program dibagi ke tahap Persiapan, Perencanaan, Pelaksanaan dan Keberlanjutan. Pada setiap tahapan ini diharapkan mampu membuat Pemerintah Kota/Kabupaten (Pemkot/kab) sebagai “Nakhoda” dalam penanganan kumuh, serta masyarakat dapat secara mandiri, siap mendukung target sasaran RPJMN tahun 2015-2019 melalui “Gerakan 100-0-100”. Target tersebut adalah kota tanpa permukiman kumuh di tahun 2019.

Untuk itu, Direktorat Jenderal Cipta Karya menginisiasi pembangunan dengan platform kolaborasi melalui Program KOTAKU, yang akan mendorong Pemda sebagai pelaku utama penanganan permukiman kumuh serta mewujudkan permukiman layak huni dan berkelanjutan di wilayahnya masing-masing.

Salah satu perwujudannya adalah penyusunan Memorandum Program dan Coaching Clinic terkait rencana pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh perkotaan. Untuk Kota Sibolga, kegiatan tersebut dibuka di Aula Kantor Wali Kota Sibolga pada 6 November 2017. Acara Memorandum Program dan Coaching Clinic dibuka oleh Kepala Bappeda Kota Sibolga, yang juga Ketua Pokja PKP Kota Sibolga.

Kegiatan Coaching Clinic dihadiri oleh perwakilan dari OPD/dinas-dinas yang ada di Kota Sibolga, camat se-Kecamatan Sibolga, lurah se-Kota Sibolga, perwakilan dari USAID IUWASH Plus, serta Tim Fasilitator Kota Sibolga. Dalam pelaksanaan coaching clinic kali ini disepakati konsep permukiman di Kota Sibolga, yakni berupa Green Bahari City. Mengingat wilayah Sibolga memiliki pegunungan dan laut maka konsep ini memadukan pengembangan antara wilayah pengunungan dan wilayah pesisir (laut).

Sebagai narasumber Coaching Clinic adakah TA UP OC 1 KOTAKU Provinsi Sumatera Utara Ari, bersama Korkot dan Askot UP. Sedangkan hari kedua dan kelima, kegiatan dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Kota Sibolga pada 14-17 November 2017. [Sumut]

Dokumentasi lainnya:

 

Penulis: Nurhalimah Nasution, Askot I&C Koorkot  04 Sibolga- Padangsidimpuan, KMW/OC 1 KOTAKU Provinsi Sumatera Utara

Editor: Nina Razad

1 Komentar


  1. Posted by ridone | Aug 1, 2018

    konsep ini memadukan pengembangan antara wilayah pengunungan Sport

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.