Beranda Warta Berita Presiden Joko Widodo Pantau Padat Karya Batu Merah

Presiden Joko Widodo Pantau Padat Karya Batu Merah

Berita Kunjungan Presiden Kota Ambon Maluku Comments (0) View (1409)

Presiden RI Joko Widodo memantau langsung pembangunan pekerjaan Padat Karya Tunai 2018 di Kelurahan Batu Merah, Kota Ambon, Maluku, Rabu (14/2) pagi. Pekerjaan Padat Karya ini adalah potret praktik baik Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) dan Neighbourhood Upgrading and Shelter Project Phase 2 (NUSP-2) berupa pembangunan satu ruas jalan rabat beton sepanjang 980 meter. Hadir dalam acara peninjauan ini adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, Gubernur Maluku Said Assegaff, Direktur Jenderal Cipta Karya Sri Hartoyo, Kepala Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Permukiman Berbasis Masyarakat (PKPBM) Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mita Dwi Aprini, dan Pejabat Pembuat Komitmen NUSP-2 Anastasia Carolina.

Sambil menyusuri areal pembangunan Padat Karya menuju Masjid Batu Merah, City Coordinator NUSP-2 Kota Ambon Bahtiar memaparkan bahwa kegiatan pembangunan jalan rabat beton tersebut menghabiskan total dana sebesar Rp 1,2 miliar. Saat ini proses pekerjaan awal adalah mengerjakan Titik Satu sepanjang 30 meter, yang memakan biaya kurang lebih sebesar Rp 30 juta. Berdasarkan asumsi, pekerjaan Padat Karya Tunai ini akan selesai dalam waktu tiga bulan, dan melibatkan sebanyak 30 orang tenaga kerja dari masyarakat setempat dengan upah kerja per hari Rp 120 ribu per orang.

Kedatangan Presiden di lokasi mendapat sambutan meriah dari warga Batu Merah. Sejak pagi masyarakat sudah berkumpul di jalur areal pembangunan jalan. Sebagian tampak sibuk melanjutkan pekerjaan pembangunan jalan, sementara sebagian lainnya menunggu untuk melihat langsung kehadiran Presiden Joko Widodo. Sejumlah spanduk ucapan selamat datang serta poster kegiatan yang sudah dilakukan warga tampak memenuhi areal acara. Di saat yang sama, Pasukan Pengamanan Presiden terlihat bersiaga penuh mengamankan wilayah kunjungan di Kelurahan Batu Merah ini.

Di akhir kunjungan, Presiden langsung mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat masyarakat setempat. Bahkan, dia sempat membagikan sejumlah bingkisan berisi kain batik kepada warga. Usai dari Batu Merah, Joko Widodo melanjutkan kunjungan ke Universitas Pattimura untuk meresmikan pembukaan Kongres Himpunan Mahasiswa Islam.

Pemantauan langsung pekerjaan Padat Karya ini tentu mendapat perhatian sebagai contoh Praktik Baik dari program Kotaku. Sebelumnya, Menteri PUPR sudah berkoordinasi secara teknis dengan Dirjen Cipta Karya, satker, dan dinas terkait setempat. Bahkan, Basuki menekankan berulang-ulang soal pembangunan pekerjaan yang sedang berlangsung harus memenuhi standar teknis dan kualitas infrastruktur yang terjaga. “Nantinya, pemeliharaan infrastruktur dan keberlanjutan dilakukan masyarakat dan pemerintah daerah,” kata Basuki.

Oleh: Tim Komunikasi KMP Kotaku wil.2

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.