Berita

Beranda Warta Berita BerJumPa Sukses di Kabupaten Pekalongan

BerJumPa Sukses di Kabupaten Pekalongan

Kab. Pekalongan Jawa Tengah Comments (0) View (478)

Perlahan namun pasti, pekerjaan rumah Pemerintah Kabupaten Pekalongan tampaknya siap dituntaskan. Pemkab areal seluas 671,84 hektare di belahan utara Jawa Tengah itu kini telah menyiapkan sederet langkah kreatif dan inovatif buat mengentaskan permukiman kumuh di wilayahnya. Hingga awal 2018 ini, empat langkah terobosan ala Kabupaten Pekalongan sudah bergulir dan terus berjalan: Gerakan Gotong Royong Bersih Jumat Pagi (BerJumPa), Gerakan Gotong Royong Hidup Bersih dan Sehat (Gentong Hebat), kolaborasi Program Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan kolaborasi dengan perguruan tinggi.

Upaya percepatan pengurangan kumuh itu sebenarnya sudah digelar sejak 2016. Contohnya, BerJumPa. Penerapan gerakan bersih-bersih per periode Jumat itu adalah aplikasi langsung dari kebersihan sebagian dari iman, sekaligus mengedukasi dan meningkatkan kepedulian masyarakat di setiap wilayah Kabupaten Pekalongan untuk tidak lagi membuang sampah di sembarang tempat. Harapannya jelas, operasi resik bisa berlanjut terus dan berkesinambungan demi menciptakan kabupaten ber-Ibu Kota Kajen yang bersih. Sebagai mitra dari Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), beragam gerakan kebersihan pengentasan kumuh ini sejalan dengan pengembangan menuju wilayah yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan.

Aksi BerJumPa diselenggarakan belum lama berselang di Kampung Tahu, Desa Babalan Lor—lokasi Praktik Baik Kotaku. Bupati Kabupaten Pekalongan Asip Kholbihi hadir melihat langsung kondisi Kampung Tahu, bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD), jajaran Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) setempat, dan masyarakat.

Peninjauan tersebut lebih menekankan pada pembangunan fasilitas di desa pengrajin tahu yang sudah diintervensi Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) dan keterpaduan program Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) setempat. Sungai Pencongan dan Sungai Meduri pun menjadi sasaran BerJumPa beberapa waktu lampau. Hasilnya jelas, penampilan Kampung Tahu sudah jauh lebih tertata dan tak kumuh lagi. [Jateng]

Dokumentasi lainnya:

 

Penulis: Korkot Kabupaten Pekalongan, OSP 5 Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.