Beranda Warta Berita Gentong Hebat ala Kabupaten Pekalongan

Gentong Hebat ala Kabupaten Pekalongan

Kab Pekalongan Jawa Tengah Comments (0) View (877)

Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, punya Gentong Hebat. Maksudnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Pekalongan menelurkan ide brilian bernama Gerakan Gotong Royong Hidup Bersih dan Sehat (Gentong Hebat). Aksi ini sejalan dengan program Kota Tanpa Kumuh yang dilaksanakan di daerah tersebut. Titik fokus perhatian Gentong Hebat adalah berbasis kualitas wilayah: lingkungan tanpa sampah, taman asri, dan areal publik yang sehat.

Sebenarnya, Gentong Hebat ini menjadi satu kesatuan dengan program Pemkab Pekalongan secara keseluruhan yang meliputi Gerakan Bersih Jumat Pagi (BerJumPa), Gentong Hebat, Sinergi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan Kolaborasi Perguruan Tinggi. Upaya mendorong Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini berlaku bagi warga setempat untuk terus menerus membersihkan wilayah dan mempercantik lingkungan sekitar. Uniknya, aksi ini menjadi hasil urun rembuk plus kerja bareng para pemuda relawan dari Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, organisasi pemuda Kristen, Katolik, dan organisasi para pemuda beragama Hindu.

Tak dimungkiri, kesuksesan pergerakan Program Kotaku di Kabupaten Pekalongan seperti BerJumPa dan Gentong Hebat adalah hasil kerja sama maksimal masyarakat setempat. Kehadiran jajaran anggota PKK yang mengedepankan program Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) di wilayah tersebut tak bisa dianggap enteng.

Antusiasme para punggawa PKK Kabupaten Pekalongan ini bak gayung bersambut dengan intervensi Program Kotaku. Audensi dan diskusi tematik mengalir aktif membahas tindak lanjut sosilasisasi Program Kotaku di tingkat kabupaten, khususnya Kabupaten Pekalongan. Tak hanya itu, jajaran PKK pun menyinergikan rencana kerja serta potensi masing-masing lokasi Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK). Secara khusus, Bupati Kabupaten Pekalongan Asip Kholbihi memiliki harapan pemda dan masyarakat setempat bahu membahu menciptakan sejumlah desa unggulan di Kabupaten Pekalongan. Di antaranya Desa Wisata, Desa Administrasi, Desa Kuliner, dan Desa Batik.

Kinerja jajaran PKK Kabupaten Pekalongan patut diacungi jempol. Perlahan namun pasti harapan menghadirkan desa unggulan sudah mulai menjadi kenyataan. Desa Babalan Lor, misalnya, yang dijadikan model Desa Kuliner. Dan Kampung Tahu berubah wujud menjadi kawasan sentra pengrajin tahu ramah lingkungan yang mampu memanfaatkan limbah tahu menjadi sederet produk bermanfaat. Beragam varian olahan tahu terdapat di wilayah ini, plus limbah hasil produksi yang sudah berubah menjadi pupuk dan hasil kreatif lainnya.

Kisah sukses juga tercatat dari Kelurahan Gumawang, yang menjadi lokasi Kotaku sekaligus areal binaan PKK Kabupaten Pekalongan. Wilayah Gumawang kini berganti wujud menjadi Kampung Batik ramah lingkungan. Nah, bagaimana dengan wilayah Anda? [Jateng]

 

Oleh: Tim Korkab Pekalongan, OSP 5 Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.