Beranda Warta Cerita Kebun Keling Bengkulu Tak Kumuh Lagi

Kebun Keling Bengkulu Tak Kumuh Lagi

Bengkulu Kebon Keling Infrastruktur Comments (0) View (1258)

Merujuk perhitungan data numerik periode akhir 2017, warga Kelurahan Kebun Keling, Kota Bengkulu, tampaknya boleh mulai berlega hati. Upaya penanganan kumuh di areal seluas 3,91 hektare skala nasional tersebut sudah menduduki posisi level 15 untuk Skala Lingkungan, kategori tidak kumuh. Minimal, kondisi itu memperlihatkan perubahan atas penanganan permasalahan kumuh yang sebelumnya dominan di wilayah ini.

Kelurahan Kebun Keling adalah satu dari sejumlah kelurahan yang termasuk dalam lokasi penanganan kumuh nasional di Kota Bengkulu. Sebelumnya Kebun Keling sempat mengantongi angka level 32, yang artinya tergolong kumuh ringan di wilayah administratif Kota Bengkulu. Berkat penetrasi penanganan kumuh, di awal tahun silam, level kumuh Kelurahan Kebun Keling bergeser naik ke angka 24.

Program penanganan kumuh di Kebun Keling sebenarnya sudah dimulai sejak 2015, lewat kegiatan Pengembangan Permukiman Reguler. Kegiatan tersebut di antaranya meliputi pembangunan jalan lingkungan dan pembangunan WC Komunal melalui program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM).

Setahun kemudian, pergerakan penanganan kumuh di Kelurahan Kebun Keling berlangsung gencar. Melalui Dana Alokasi Khusus dengan Program SLBM, warga di RT 5 bisa menikmati kehadiran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Sementara di area tetangga, RT 5, warga setempat juga mendapatkan fasilitas yang sama melalui Program Sanitas Masyarakat (Sanimas) dari Islamic Development Bank. Selain itu ada juga beberapa program penanganan lainnya melalui pemanfaatan Bantuan Dana Investasi Kolaborasi buat pembangunan jalan dan drainase.

Merujuk pada hasil analisa data wilayah, masyarakat dan jajaran pemerintah setempat menyusun dokumen perencanaan tingkat kelurahan yang tertuang dalam Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP) pada tahun kemarin. Usai RPLP dikaji lebih mendalam, tertuanglah dokumen Detail Engineering Design (DED) penanganan kumuh wilayah Kelurahan Kebun Keling hingga 2019.

Penanganan kumuh di Kebun Keling menjadi aksi berkelanjutan Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) dari Program Kota Tanpa Kumuh dengan alokasi dana sebesar Rp 500 juta. Pemanfaatannya meliputi pembangunan infrastruktur di daerah kumuh setempat, jalan, drainase, dan penataan lahan terbuka hijau.

Dan kini, Kebun Keling tak kumuh lagi. [Bengkulu]

 

Oleh: Paryani, ST, Askot Infra Kota Bengkulu, OC 2 Kotaku Provinsi Bengkulu

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.