Cerita

Beranda Warta Cerita Niat “Menggulung” Kemiskinan Lewat Egg Rolls

Niat “Menggulung” Kemiskinan Lewat Egg Rolls

Comments (0) View (614)

Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Pengembangan Penghidupan Berbasis Masyarakat (P2BM) Kelurahan Ganungkidul, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, tampaknya tak mau berpangku tangan. Khususnya menyoal fakta kemiskinan di daerah mereka, yang berujung pada kekumuhan wilayah. Bagi beberapa warga yang menjadi anggota KSM bernama Kharisma ini, kemiskinan harus menjadi masa lalu, dan harus diubah. Lewat pelatihan pembuatan penganan egg rolls yang digelar saban bulan di tanggal 15, misalnya.

Cikal bakal kegiatan per tengah bulan ini dimulai sejak 2 Oktober tahun silam. Aktivitasnya terfasilitasi oleh Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Ekonomi Sejahtera melalui Pelatihan Keahlian Pengembangan Kapastitas Masyarakat dari Program Kota Tanpa Kumuh Tahun Anggaran 2017. Meski berawal dengan jumlah kecil yang tak lebih dari 15 orang, seperti dikutip dari kotakunganjuk.com, animo peserta patut diacungi jempol karena kehadirannya demi niat mendongrak pendapatan keluarga.

Aksi menggulung adonan egg rolls memang sederhana. Namun kesederhanaan yang sudah berjalan berbulan-bulan itu berbuah hasil. Kini, ibu-ibu yang tergabung dalam kegiatan P2BM tersebut sudah meraup untung. Camilan egg rolls dari wilayah sekitaran dalam dan luar Kabupaten Nganjuk mulai mengular. 

Rupanya tak hanya di situ niat “menggulung” kemiskinan di Kelurahan Ganungkidul. Proses berkelanjutan sudah dipersiapkan warga setempat yang tergabung dalam KSM Ekonomi Sejahtera. Di antaranya dengan menerapkan Panca Sutra: pertemuan rutin, tabungan, pinjaman, pencatatan, dan pengembalian pinjaman. Pertemuan rutih telah terjadwal, minimal setiap pertengahan bulan. Aksi menabung diawali dengan menyimpan Rp 2.000 per bulan per anggota dan tercatat. Harapan di masa mendatang, keseluruhan konsep Panca Sutra bisa diterapkan, demi mendongkrak kemiskinan di Ganungkidul. Bagaimana dengan wilayah Anda? [Jatim]

Oleh: Diyah Manuhara, Fasilitator Sosial Tim 1.12, Kabupaten Nganjuk, OSP 6 Kotaku Provinsi Jawa Timur

Editor: Epn

 

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.