Bila Semangat Kebersamaan Jadi “Senjata” Dupak Surabaya

Surabaya Jawa Timur BKM Cerita Comments (0) View (1131)

Dupak adalah satu dari sejumlah kelurahan yang ada di Kota Pahlawan. Secara umum, masyarakat di kelurahan yang berada di Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur itu tak berbeda jauh warga perkotaan umumnya. Namun yang unik, Dupak punya strategi jitu dalam menumbuhkan tindakan kolektif lewat membangun modal sosial masyarakat: intensitas interaksi dan komunikasi kelurahan dan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM).

Setiap tahun, Kelurahan Dupak lazim menggelar acara keakraban dan edukasi yang diikuti semua perangkat kelurahan dan lembaga masyarakat setempat. Contohnya di acara Pendidikan Kilat Kolaborasi dan Outbond yang diselenggarakan di Puncak Pacet, Kabupaten Mojokerto, di triwulan awal 2018 ini. Acara tersebut dihadiri perwakilan BKM dan pimpinan kolektif BKM, rukun tetangga, rukun warga, lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan (LPMK), perangkat kelurahan, karang taruna, wakil Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), perwakilan lansia, perwakilan ikatan pekerja sosial masyarakat, dan wakil Fasilitator Kotaku, dinas kesehatan setempat, dinas sosial, wakil Taruna Siaga Bencana (Tagana), hingga perwakilan Yayasan Outline Surabaya.

Selain outbond, pertemuan kali ini mengupas aktivitas lain yang juga muncul sebagai persoalan keseharian di wilayah kelurahan. Misalnya membeberkan masalah penanganan wilayah kumuh, tanggap bencana kebakaran, pertolongan pertama pada kecelakaan, hingga kerentanan masalah sosial anak. Usai berbagi pengetahuan dan pengalaman, para peserta menyusun agenda strategi bersama buat berkolaborasi dalam Rencana Penataan Lingkungan Permukiman.

Langkah strategis Kelurahan Dupak memang perdana bila dibandingkan kelurahan lainnya di Kota Surabaya. Peran aktif bersama lembaga terkait plus masyarakat diyakini betul mampu menuntaskan persoalan lingkungan. Meskipun terlihat sederhana, kegiatan tadi dinilai mampu membangun karakter bersama buat peduli lingkungan. Dan, sudah terbukti. [Jatim]

 

Oleh: Afdolu Nasikin, SF Kota Surabaya, OSP 6 Kotaku Provinsi Jawa Timur

Editor: Epn

0 Komentar