SIM Online: Solusi Kerja Cepat Kotaku

KMP Kotaku 1 Jakarta Comments (0) View (908)

Perkembangan teknologi di era digital menjadi pemicu Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) untuk semakin berbenah diri. Satu di antaranya adalah dengan menerapkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) berbasis “full online platform”. Kegiatan Mini Workshop Pengembangan Aplikasi SIM berlangsung pada 11-13 April 2018 di Hotel Harper, Cawang, Jakarta Timur. Sebanyak 28 orang peserta dari Tim Advisory, perwakilan World Bank, dan para Tenaga Ahli (TA) dan Asisten Manajemen Data (Asmandat) hadir.

Menurut Tenaga Ahli Data SIM Konsultan Manajemen Pusat Wilayah 2 Adih, sistem sinkronisasi datanya sekarang langsung hasil entry sampai ke server. “Bagi pengguna hanya butuh satu pengguna untuk bisa masuk ke beberapa aplikasi," katanya.

Dengan demikian, perkembangan dan perubahan data dapat diakses secara nasional tidak hanya oleh pengguna, dalam hal ini TA dan Asmandat saja melainkan juga oleh World Bank, Bappenas dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Para Tenaga Ahli yang terlibat dalam mini workshop kali ini berasal dari Provinsi Aceh, Provinsi Riau, Provinsi Jawa Barat, DI Yogyakarta, Provinsi Sulawesi Barat, dan Provinsi Jawa Tengah.

Tujuan dari mini workshop adalah pertama, menjelaskan peta dan petunjuk dari setiap bagian dari sistem aplikasi terpadu SIM Kotaku. Kedua, menjelaskan tata cara menjalankan aplikasi utama yang benar dan sesuai prosedur. Ketiga, aplikasi utama untuk kegiatan pada tahap persiapan Kotaku, seperti kelembagaan, keberfungsian, sosialisasi, pemilu ulang, relawan dan lainnya sesuai dengan tingkatan kegiatan tersebut dilakukan. Keempat, diharapkan peserta mampu menganalisis data yang dimasukkan sampai dalam bentuk profil SIM untuk dilakukan cek dan komparasi.

Pejabat Pembuat Komitmen Wilayah 1 Martyanti R.B. Sianturi menegaskan kembali perihal solusi penerapan SIM secara online. “Diharapkan mini workshop menjadi ujung tombak pengembangan SIM,” kata dia.

Program Kotaku dirancang untuk memperkuat peran Pemda dan pemberdayaan masyarakat guna mengurangi kawasan kumuh. Tujuan Program Kotaku adalah meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan. [KMP-1]

Dokumentasi lainnya:

 

Penulis: Vhany Medina, Asisten Publikasi KMP Kotaku wil.1

Editor: Epn/ninarazad

0 Komentar