Berita

Beranda Warta Berita Wali Kota Parepare: Program Kotaku Terbaik

Wali Kota Parepare: Program Kotaku Terbaik

Sulawesi Selatan Parepare Infrastruktur Comments (0) View (76)

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) kembali mendapatkan kepercayaan dari pemerintah daerah. Buktinya, hasil pembangunan infrastruktur dinilai yang terbaik dari aspek asas manfaat, efisiensi anggaran, plus nilai estetika. Tak ayal lagi, Program Kotaku bisa dijadikan program andalan yang dinilai mampu menjawab kebutuhan, dicintai masyarakat dan sangat didukung pemerintah daerah, serta menjadi jawaban terhadap Program Nawacita Pemerintah RI.

“Bahkan saya usul, Program Kotaku ke depan namanya berubah menjadi Wali Kotaku,” kata Wali Kota Parepare Taupan Pawe saat meresmikan kegiatan pembangunan infrastruktur Bantuan Dana Investasi Program Kotaku Tahun Anggaran 2017 di tingkat Kota Parepare, yang terpusat di Kelurahan Wattang Bacukiki, Sulawesi Selatan, awal 2018 ini.

Taupan mengakui, nilai positif Program Kotaku baru diketahui setelah banyak menerima posting foto kegiatan di sejumlah akun sosial media (Facebook, Whatsapp, dan Instagram) yang dikirim para lurah, lembaga keswadayaan masyarakat, dan masyarakat. Informasi tersebut adalah informasi langsung dari 12 kelurahan penerima BDI 2017. Taupan menegaskan bahwa Program Kotaku di Parepare harus menjadi program terbaik berbekal landasan kuat yang sudah dibangun pemkot. “Dapat bersinergi dengan berbagai perencanaan sektoral di pemerintahan, terutama buat mendukung target 0 hektare kumuh pada 2019,” kata dia.

Secara data, terdapat 12 dari 18 kelurahan di Kota Parepare menurut Surat Keputusan Kawasan Kumuh Wali Kota Parepare No.331 Tahun 2014. Ke-12 kelurahan tersebut mendapatkan alokasi BDI Program Kotaku untuk peningkatan kualitas infrastruktur permukiman kawasan kumuh. Fokus pembangunan demi mengurangi luasan kumuh di Parepare ini adalah jalan lingkungan, drainase, persampahan, dan proteksi kebakaran.

Dalam pelaksanaan pembangunan, Taupan menambahkan, perencanaan pemerintah adalah linear dari pusat sampai ke bawah. Pemerintah Kota Parepare pun sudah membuat regulasi dan sistem penganggaran pembangunan. Misalnya, dasar penetapan pagu indikatif per kelurahan sudah dipatok sebesar Rp 500 juta. Sebanyak 3.015 titik pemasangan lampu pun dianggarkan buat 525 lorong di kota sepanjang tiga tahun terakhir. Dan yang terakhir ada 57 wilayah yang masuk dalam program penataan lingkungan. [Sulsel]

Dokumentasi lainnya:

Penulis: Andi Herni, Korkot 2 Parepare-Pinrang-Sidrap, OSP 8 Kotaku Provinsi Sulawesi Selatan

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.